Sabtu 21 Sep 2013 15:45 WIB

Menjaga Mental 'Garuda Muda'

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Karta Raharja Ucu
Pemain timnas U19 Indonesia mendengarkan pengarahan pelatih Indra Sjafri (kanan).
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Pemain timnas U19 Indonesia mendengarkan pengarahan pelatih Indra Sjafri (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO -- Perjalanan Timnas U-19 ke final Piala AFF U-19 2013 bukanlah tanpa aral melintang. Pasang surut mental pemain menjadi pekerjaan berat yang harus diatasi tim pelatih.

Evan Dimas dkk memang memulai langkah dengan meyakinkan. Mereka sukses menghajar Brunei Darussalam dengan skor telak lima gol tanpa balas pada laga perdana Grup B. Tiga poin pun kembali diraih ketika melawan Myanmar pada laga kedua. Kemenangan 2-1 atas Myanmar membawa Indonesia ke puncak klasemen.

Namun, dua kemenangan beruntun itu tak berlanjut. Indonesia harus mengakui keunggulan Vietnam dengan kekalahan tipis 1-2. Kekalahan yang membuat mental pemain menurun hingga akhirnya harus menjalani 'hidup mati' melawan Malaysia pada laga pamungkas, meskipun lebih dulu mengantongi kemenangan 3-1 atas Thailand.

"Selain hal teknis, kerja berat yang harus dilakukan tim pelatih adalah menjaga dan membangkitkan mental pemain," kata Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri ketika berbincang dengan ROL di The Sun Hotel, Sidoarjo.

Melawan Malaysia di Gelora Delta Sidoarjo, 18 September, para suporter timnas sempat dibuat ketar-ketir. Garuda Muda tak mampu menunjukkan performa terbaiknya pada babak pertama lantaran kalah mental. Alhasil, Malaysia pun memimpin babak pertama dengan skor tipis 1-0 lewat gol Muhammad Jafri pada menit ke-19.

Namun jalannya babak kedua berubah. Indonesia tampil trengginas dan mendominasi permainan. Skuat Garuda Jaya bahkan bisa memetik kemenangan besar andai saja sejumlah peluang emas bisa dimaksimalkan. Tetapi, gol penyeimbang Ilham Udin pada menit ke-53 sudah cukup membawa Indonesia ke semifinal.

Timnas U-19 sukses melangkah ke final Piala AFF U-19 2013 setelah menyingkirkan Timor Leste di babak semifinal. Di partai puncak, Garuda Muda bakal bertemu Vietnam yang lolos usai menundukkan Laos di babak empat besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement