Senin 28 Oct 2013 11:23 WIB

Analis: IHSG akan Tetap Berada di Area Positif, Asalkan..

Red: Nidia Zuraya
Indeks Harga Gabungan Saham (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI).
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Indeks Harga Gabungan Saham (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin (28/10) dibuka naik sebesar 13,16 poin atau 0,29 persen menjadi 4.594,01, seiring dengan bursa saham di Asia. Sedangkan indeks 45 saham unggulan (LQ45) menguat 4,49 poin (0,58 persen) ke level 776,27.

Kepala Riset Trust Securities, Reza Priyambada mengatakan kembali menguatnya bursa saham di kawasan Asia mendorong indeks BEI berada di area positif. "Selama IHSG tidak langsung dimanfaatkan untuk aksi ambil untung secara masif maka bursa saham domestik masih ada peluang melanjutkan kenaikan," kata dia.

Ia memperkirakan pada perdagangan hari ini, IHSG akan bergerak pada kisaran 4.569-4.615 poin. Beberapa saham yang dapat dipertimbangkan diantaranya AKR Corporindo (AKRA), Indofood CBP Sukses Makmur (ICBP), Ciputra Surya (CTRS), Ultra Jaya Milk Industry & Trading Compa (ULTJ).

Tim Analis Teknikal Mandiri Sekuritas dalam kajiannya mengemukakan bahwa dari dalam negeri, stabilnya nilai tukar rupiah memberikan sentimen positif bagi pergerakan indeks BEI. Namun, lanjut dia, di sisi lain investor juga masih mencermati data laporan keuangan kuartal ketiga emiten, dan data inflasi yang akan dipublikasikan akhir pekan ini.