Jumat 28 Mar 2014 16:00 WIB

Ukraina Peroleh Bailout IMF 27 Miliar Dolar AS

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Nidia Zuraya
Ukraina
Foto: Sergei Grits/AP
Ukraina

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV – Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) menyetujui dana bantuan untuk Ukraina, Kamis (27/3). Jumlah dana bailout tersebut berkisar 14-18 miliar dolar AS dan akan ditambah mencapai total 27 miliar dolar AS dalam dua tahun kedepan.

Kucuran ini merupakan dana segar bagi Ukraina yang dirundung banyak hutang pasca penggulingan Presiden Viktor Yanukovich dan kebuntuan dengan Moskow yang mencaplok Crimea.

Uang dari IMF diharapkan dapat memenuhi pembayaran utang Ukraina yang menjulang. ‘’IMF telah mencapai kesepakatan dengan pihak berwenang Ukraina. Kesepakatan dilakukan untuk reformasi ekonomi dalam bentuk Stand By Arrangement (SBA) berjangka waktu dua tahun,’’ kata IMF dalam pernyataan seperti dikutip dari Reuters.

Perjanjian ini akan mengikuti persetujuan dari managemen IMF dan Dewan Eksekutif yang akan dipertimbangkannya pada bulan April. ‘’Setelah gejolak ekonomi dan politik dalam beberapa bulan terakhir, Ukraina telah mencapai stabilitas. Namun masih ada tantangan sulit yang harus dihadapi,’’ kata IMF.