Kamis 10 Jul 2014 14:44 WIB

Setelah 13 Tahun, Ini Alasan Nike Putus Kontrak dengan MU

Rep: C88/ Red: Citra Listya Rini
Logo Nike
Foto: REUTERS
Logo Nike

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Nike akan memutus kontraknya dengan Manchester United (MU) setelah bekerja sama selama 13 tahun. Sejak 2002 Nike memproduksi perlengkapan sepak bola skuat Iblis Merah.

Musim pertandingan 2014-2015 menjadi musim terakhir kerja sama Nike dengan klub raksasa Inggris tersebut. Nike dalam pernyataannya menjelaskan bahwa ketentuan yang ditawarkan dalam kontrak baru tidak membawa keuntungan bagi pihaknya.

Perusahaan Jerman, Adidas atau Warrior diperkirakan akan menggantikan posisi Nike. Dilansir BBC, Kamis (19/7), untuk kali pertama selama 19 tahun MU tidak masuk dalam kualifikasi Liga Championa. MU mengahadapi musim yang buruk sepeninggal Sir Alex Ferguson.

Suksesor Ferguson yaitu David Moyes hanya bertahan selama seuluh bulan di Old Trafford. Menyusul kegagalannya mempertahankan kejayaan Iblis Merah. Kini, kursi kepelatihan MU diduduki oleh Louis van Gaal.

Nike telah menjalin kerja sama dengan MU sejak 2002. Pada Senin (7/7) perusahaan asal AS ini mengumumkan bahwa tahun ini adalah musim terakhirnya bersama MU.

Seorang pejabat Nike mengatakan, "MU adalah klub besar dengan penggemar fanatik. Namun kerja sama dengan siapapun seyogyanya membawa keuntungan bagi kedua belah pihak. Kontrak terbaru yang diajukan dirasa tidak cukup menguntungkan bagi Nike."

"Nike menantikan akhir musim yang penuh kesuksesan bersama MU," kata pejabat itu menambahkan. Adapun nilai kontrak MU dan Nike mencapai 24 juta poundsterling per tahun.

Salah satu poin kesepakatan adalah adanya perpanjangan yang diberikan secara eksklusif untuk melakukan negosiasi. Selain itu adanya hak untuk mencocokkan penawaran-penawaran yang lain. Namun, Nike menolak usulan tersebut. 

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement