Jumat 19 Dec 2014 16:04 WIB

Xavi Serukan Spanyol dan Katalonia Bersatu

Rep: C10/ Red: M Akbar
Xavi Hernandez
Foto: EPA/Andreu Dalmau
Xavi Hernandez

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Spanyol dan Katalonia sedang dirundung masalah politik yang pelik tentang kemerdekaan. Gelandang Barcelona, Xavi Hernandez, saat diwawancarai oleh media setempat mengatakan, ia percaya sekarang adalah waktu yang tepat untuk orang-orang Spanyol dan Katalonia menyanyikan lagu himne yang sama.

"Sekarang saatnya berteriak 'Jayalah Spanyol dan Jayalah Katalonia' di waktu yang bersamaan, bukankah seharusnya begitu dan saya pikir memang seharusnya seperti itu," ujar Xavi, dilansir dari Football Espana, Jum'at, (19/12).

Xavi mengaku dirinya memilih untuk memberikan suara kesembilan dalam jejak pendapat karena ia pikir suara dan pendapatnya sangat penting untuk kebaikan Catalonia. Menurut Xavi, masyarakat telah meminta referendum resmi yang dilindungi oleh hukum, jadi pemerintah sudah seharusnya memberikan apa yang diinginkan rakyatnya.

"Seperti teman satu kampung yang menghubungimu lewat telepon dan mengatakan dirinya sakit, kemudian kamu menutut teleponnya, itulah yang terjadi antara Spanyol dan Catalonia," ujar Xavi.

Xavi mengatakan, Spanyol dan Catalonia adalah teman, kita semua berasal dari bangsa yang sama. Tetapi nampaknya kita memutuskan untuk tidak sama dalam segala hal. Menurut Xavi, jika dengan berbicara bisa menyelesaikan masalah ini, maka sebaiknya kita berbicara untuk menemukan hal-hal baik di sana.

"Kita butuh hak suara, didengarkan dan dimengerti, itu saja," ujar Xavi.

Klasemen La Liga Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Barcelona Barcelona 10 9 0 1 33 23 27
2 Real Madrid Real Madrid 10 7 3 0 21 14 24
3 Atletico Madrid Atletico Madrid 10 5 5 0 16 10 20
4 Villarreal Villarreal 10 5 3 2 18 0 18
5 Athletic Club Athletic Club 10 5 2 3 17 6 17
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement