Jumat 05 Jun 2015 16:21 WIB

'Inggris Dapat Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022'

Rep: C80/ Red: Israr Itah
Stadion Wembley
Stadion Wembley

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANIERO --Bakal calon Presiden FIFA Zico mengatakan Inggris seharusnya dapat menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 jika memenuhi syarat. Menurut Zico, Qatar tidak memenuhi kriteria sebagai penyelenggara Piala Dunia 2022.

Mantan pemain timnas Brasil itu mempertanyakan keabsahan Qatar yang terpilih sebagi tuan rumah. Zico mengaku pernah bekerja di Qatar saat ia menjadi pelatih timnas Irak. Menurut Zico, Qatar bahkan tidak memiliki seribu orang di stadion mereka. Bahkan ada pertandingan dimana keluarga pemain tidak ikut menonton.

''Dengan segala hormat kepada Qatar sebagai negara yang ingin berkembang. Anda tidak dapat menyelenggarakan Piala Dunia di negara yang tidak memiliki sepak bola,'' kata Zico seperti dilansir Skysports, Jumat (5/6).

Zico menilai, Inggris sebagai negara yang mampu menggelar Piala Dunia sebagai tuan rumah dalam keadaan darurat, seperti yang pernah dilakukan Meksiko pada tahun 1986 saat Kolombia mengundurkan diri. 

Ia menjelaskan, jika ketidakberesan itu terbukti dengan adanya jual-beli suara untuk menentukan nomiasi, ia mengatakan harus segera dihentikan dan mengulang pemilihan dengan cara yang berbeda. Tidak peduli siapa pun yang melakukannya.

''Kami memiliki waktu. Kami berada di negara berbeda, Inggris adalah salah satu dari mereka dengan infrastruktur untuk menyelenggarakan Piala Dunia. Ini terjadi pada 1986, kalau saya tidak salah,'' ujar Zico. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement