Antisipasi Lonjakan Penumpang Pulogadung Siagakan Bus Cadangan

Red: Taufik Rachman

Rabu 15 Jul 2015 14:43 WIB

Terminal Pulogadung, Jakarta Timur Terminal Pulogadung, Jakarta Timur

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Kepala Terminal Bus Pulogadung, Jakarta, Simon Ginting mengatakan pihaknya menyiapkan bus tambahan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang diperkirakan terjadi pada H-2 dan H-1 Lebaran 2015.

"Kami sudah berkoordinasi dengan perusahaan otobus menyiapkan bus tambahan untuk mengantisipasi puncak arus mudik yang diperkirakan pada H-2 dan H-1 Lebaran," ujar Simon Ginting di Terminal Bus Pulogadung, Jakarta, Rabu.

Menurut Simon, penambahan armada tentunya disesuaikan dengan kondisi lonjakan penumpang.

"Penambahan armada sifatnya situasional disesuaikan dengan kondisi lonjakan penumpang pada puncak arus mudik," kata dia.

Simon menjelaskan bus tambahan itu merupakan kelas ekonomi sehingga tarifnya sesuai dengan peraturan pemerintah yang mengatur tarif bus tersebut.

Ketika ditanya jumlah armada tambahan, Simon enggan menyebutkan jumlah pasti bus tambahan tersebut karena disesuaikan dengan kebutuhan lonjakan jumlah pemudik.

Ia mengatakan mudik bersama yang diadakan oleh instansi pemerintah membuat jumlah penumpang di Terminal Pulogadung menurun hingga 50 persen.

Jumlah penumpang mudik pada H-3 Lebaran tahun 2015 mencapai 2.856 orang atau menurun 50 persen apabila dibandingkan dengan periode yang sama pada 2014. Jumlah penumpang mudik pada H-3 Lebaran tahun 2014 mencapai 4.583 orang.

Terpopuler