Ahad 27 Dec 2015 13:36 WIB
Catatan Akhir Tahun 2015

Indonesia Bakal Jadi Ibu Kota Halal Dunia

Produk Halal
Foto:
Pengunjung melihat produk yang dipamerkan dalam pembukaan Indonesia Halal Business & Food (IHBF) Expo di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Jumat (4/12). (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam laporan States of Global Islamic Economy 2015-2016 (SGIE 2015-2016), belanja komunitas Muslim untuk produk mode mencapai 230 miliar dolar AS pada 2014. Di antara negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), Indonesia ada di peringkat lima konsumen utama produk mode Islami dengan volume 12,69 miliar dolar AS.

Pusat Pengembangan Ekonomi Islam Dubai (DIEDC), Thomson Reuters, dan DinarStandard, belum lama ini, mengeluarkan laporan tentang sejumlah pemain utama dunia mode Islami. Mereka adalah pameran mode Islamic Fashion Fair, media majalah Noor, dan perancang busana Islami, Dian Pelangi.

Pada subsektor pariwisata, tercatat 300 juta warga Muslim bepergian tiap tahun. Mereka merupakan konsumen potensial produk halal.

Laporan SGIE 2015-2016 juga menyebutkan belanja komunitas Muslim global untuk pariwisata mencapai 142 miliar dolar AS pada 2014 atau naik 6,3 persen dibandingkan catatan pada 2013. Nilai belanja komunitas Muslim untuk pariwisata diprediksi akan mencapai 233 miliar dolar pada 2020.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement