Sabtu 16 Jan 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Adolf Hitler Melarikan Diri ke Bunker

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
Adolf Hitler
Foto: AP
Museum Nasional Inggris.

Pada 1759 lalu tepat hari ini, Museum Inggris dibuka. Museum tersebut didirikan pada 1753 dan merupakan museum nasional publik pertama di dunia. Museum ini pertama kali bertempat di sebuah mansion abad ke-17, Montagu House di Bloomsbury.

Dari awal pembukaannya, tiket masuk digratiskan untuk semua 'orang yang rajin dan ingin tahu'. Secara bertahap jam buka museum ditambah. Jumlah pengunjung pun telah tumbuh dari sekitar 5.000 orang per tahun di abad ke-18 hingga hampir enam juta orang pengunjung per tahun saat ini.

Asal-usul Museum Inggris ini karena dokter, naturalis dan kolektor, Sir Hans Sloane (1660-1753). Selama hidupnya, Sloane mengumpulkan lebih dari 71 ribu benda yang ingin dipertahankan utuh setelah kematiannya. Jadi dia mewariskan seluruh koleksi ke Raja George II untuk bangsa dengan imbalan pembayaran sebesar 20 ribu poundsterling kepada ahli warisnya.

Koleksi pendiri sebagian besar terdiri dari buku, manuskrip dan spesimen alam dengan beberapa barang antik, termasuk koin dan medali dan bahan etnografi. Pada 1757, Raja George II menyumbangkan Old Royal Library dari penguasa Inggris.

Pada awal abad ke-19 ada sejumlah akuisisi profil tinggi, termasuk Rosetta Stone (1802), koleksi patung klasik Townley (1805), dan patung Parthenon (1816).

Jumlah pengunjung sangat meningkat selama abad ke-19. Museum menarik banyak pengunjung dari segala usia dan kelas sosial, terutama pada hari libur.

Selanjutnya: Pembicaraan Damai Vietnam

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement