Senin 27 Jun 2016 16:26 WIB

ISC A Tetap Bergulir, Tapi dengan Sejumlah Syarat

Rep: Ali Mansur/ Red: Israr Itah
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi. (Republika/Rakhmawaty La'lang)
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi. (Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi membatalkan keinginannya menghentikan turnamen jangka panjang Indonesia Soccer Championship (ISC) A. Keputusan itu diambil setelah Menpora menggelar pertemuan dengan PT Gelora Trisula Semesta (PT GTS) selaku operator, pihak kepolisian, PSSI, dan juga Persija Jakarta.

Kendati demikian, Imam memberikan sejumlah syarat dalam penyelenggaraan ISC A ke depannya.

Imam mengaku sempat meminta pendapat kepada masyarakat perihal kelanjutan ISC A. Ternyata, kata dia, jawaban pro dan kontra muncul. Namun mayoritas dari mereka menginginkan agar ISC A tetap dilanjutkan.

Maka, kata dia, apabila ada yang salah maka yang salah itu yang akan ditindak tegas. Jadi pertandingan tetap dilanjutkan oleh PT GTS dengan sejumlah syarat. Ini dilakukan sebagai pencegah agar hal serupa tidak terulang lagi.

"Setelah mempertimbangkan dengan matang, maka ISC A sebaiknya tetap dilanjutkan. Karena bagaimanapun juga sepak bola tidak boleh kalah dengan kriminal. Persija harus melakukan pembinaan atau edukasi menyeluruh kepada Jakmania," ungkap Imam saat ditemui di kantor Kemenpora, Senin (27/6).

Selain itu, Menpora juga meminta PT GTS agar menyampaikan kepada pemerintah terkait dokumen jaminan dan laporan penyelesain paling lambat 15 Juli.

Kemudian menjatuhkan sanksi Persija Jakarta, tidak boleh menjadi tuan rumah selama enam kali. Selanjutnya melarang suporter Persija untuk menghadiri turnamen selama berlangsungnya ISC A, atau minimal tidak boleh menggunakan atribut Jakmania dalam bentuk apapun selama enam pertadingan. 

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement