Ahad 11 Dec 2016 23:05 WIB

Sempurna di Derby Turin, Juventus Mantap di Puncak Klasemen

Selebrasi Gonzalo Higuain (kanan) seusai menjebol gawang Torino.
Foto: REUTERS/Giorgio Perottino
Selebrasi Gonzalo Higuain (kanan) seusai menjebol gawang Torino.

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Juventus memantapkan posisi di puncak klasemen Serie A usai menaklukkan Torino 3-1 dalam laga pekan ke-16 Serie A di Stadion Olimpico, Turin, Ahad (11/12). Tambahan tiga angka dari derby Turin membuat Bianconeri mengumpulkan nilai 39.

Tim asuhan Massimiliano Allegri unggul tujuh angka dari pesaing terdekatnya AS Roma dan AC Milan. Roma dan Milan akan saling jegal pada Selasa (13/12) dini hari WIB.

Skor 3-1 sebenarnya tak mencerminkan dominasi mutlak Juventus. Sebab, pertandingan berjalan sengit sejak peluit tanda laga dimulai berbunyi.

Torino membuka skor pada menit ke-16 lewat penyerang yang tengah naik daun Andrea Belotti. Striker muda timnas Italia ini menaklukkan Gianluigi Buffon lewat sundulan dari jarak dekat, memanfaatkan umpan silang Daniele Baselli.

Juventus membalas lewat Gonzalo Higuain 12 menit berselang. Memanfaatkan kesalahan di lini tengah, Juan Cuadrado berhasil mencuri bola dan mengirimkan kepada Mario Mandzukic. Mantan penyerang Bayern Muenchen ini kemudian meneruskan bola kepada Higuain yang berdiri bebas.

Striker timnas Italia ini menggiring bola ke kotak penalti sebelum menaklukkan kiper Joe Hart dengan tendangan menyilang yang tak terlalu kencang.

Babak kedua kedua tim tetap bermain ketat. Allegri memasukkan Mario Lemina pada menit ke-67 dan Paulo Dybala empat menit berselang untuk mengubah keadaan. Tapi, hingga menit ke-80 skor masih imbang.

Pelatih Torino SInisa Mihajlovic memasukkan tiga pemain pengganti sekaligus pada menit ke-81, yakni Afriyie Acquah Lucas Boye, dan Josef MArtinez. Sementara Allegri memasukkan pengganti terakhir Miralem Pjanic.

Semenit berselang, Juventus akhirnya berbalik unggul, kembali lewat gol Higuain. Menerima bola jauh dari Chiellini, Higuain mengontrol bola dengan sempurna di kotak penalti. Walau ditempel bek Antonio BArecca, ia mampu melepaskan tendangan keras yang menaklukkan Hart.

Pada injury time, Pjanic akhirnya memperbesar skor lewat tendangan menyusur rumput memanfaatkan kemelut di kotak penalti Torino. Hasil ini membuat Torino tertahan di posisi tujuh klasemen dengan nilai 25.

Klasemen Serie A Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Napoli Napoli 8 6 1 1 15 10 19
2 Inter Inter 8 5 2 1 17 8 17
3 Juventus Juventus 8 4 4 0 11 10 16
4 AC Milan AC Milan 8 4 2 2 16 7 14
5 Fiorentina Fiorentina 8 3 4 1 15 7 13
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement