Jumat 05 Nov 2010 05:30 WIB

Toyota Andalkan Pertumbuhan Pasar Mobil di Asia

Toyota
Toyota

REPUBLIKA.CO.ID,  NAGOYA--Toyota Motor Corp (TMC) mengandalkan pertumbuhan pasar mobil di Asia untuk mendongkrak penjualannya tahun ini dan tahun depan. Managing Officer TMC, Moritaka Yoshida, di sela-sela kunjungan para wartawan dari Asia Tenggara, di Nagoya, Kamis, mengatakan, pasar mobil di Asia masih akan tumbuh signifikan, terutama di India dan China.

"Saat ini, pasar (mobil) di Asia memiliki kecenderungan tumbuh, di tengah pasar (mobil) di Amerika Serikat dan Eropa yang cenderung menurun," katanya.

Ia mengakui secara global pasar mobil Toyota di dunia masih didominasi Amerika Serikat dan Uni Eropa. Namun, untuk pertumbuhan penjualan TMC mengandalkan negara-negara di kawasan Asia, termasuk Indonesia.

Tahun ini TMC melalui agen tunggal pemegang merek (ATPM) di Indonesia, PT Toyota Astra Motor (TAM), diperkirakan akan membukukan angka penjualan mobil di atas 200 ribu unit atau menguasai di atas 35 pasar mobil di Indonesia yang diperkirakan akan menembus angka 700 ribu unit. "Sampai Oktober 2010 penjualan Toyota di Indonesia telah mencapai 232.847 Unit," kata GM Pemasaran TAM Widyawati Soedigdo, yang mendampingi "Asia Regional Jurnalist Trip" ke Jepang.

Ia mengatakan tahun depan pihaknya menargetkan mampu menguasai di atas 35 persen pasar domestik. Sampai Oktober, total penjualan mobil nasional secara retail telah mencapai 602.903 unit atau naik 54 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

sumber : Ant
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement