REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Toyota membidik 30 persen pasar mobil serbaguna (MPV) mewah melalui New Alphard yang diluncurkan hari ini untuk memperkuat pasar kendaraan mewah di Indonesia.
"Tahun lalu Alphard menguasai sekitar 20 persen pasar MPV luxury, tahun ini kami harapkan (penguasaan pasar) naik menjadi di atas 30 persen," kata Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), Joko Trisanyoto, di Jakarta, Senin.
Ia menjelaskan pasar MPV mewah termasuk yang mengalami pertumbuhan permintaan maupun penjualan cukup tinggi tahun lalu. Pada 2010, penjualan MPV mewah di seluruh Indonesia mencapai angka 1.465 unit atau naik 29 persen dibandingkan tahun 2010 yang mencapai 1.139 unit.
Diakuinya tidak banyak merek yang bermain di segmen MPV mewah. Ada nama-nama pesaing Toyota di segmen tersebut, antara lain Nissan Elgrand, Honda Odyssey, dan Hyundai H-1.
"Sejak resmi diluncurkan pada 2009, penjualan Alphard terus meningkat dan peluncuran New Alphard ditargetkan mampu memperkuat pasar MPV luxury di Indonesia," kata Joko.
Berdasarkan data TAM, penjualan Alphard pada 2009 hanya mencapai 138 unit atau sekitar 28,5 persen dari total pasar MPV mewah sebanyak 484 unit, kemudian naik menjadi 238 unit pada 2010 dengan penguasaan pasar hanya 18,4 persen dari total pasar MPV mewah sebanyak 1.296 unit.
Pada 2011 penjualan mobil serbaguna mewah tersebut mencapai 296 unit dengan penguasaan pasar sebesar 20,2 persen dari total pasar MPV mewah sebesar 1.465 unit.