REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) memiliki strategi jitu untuk melalui tahun penjualan 2012. Saat ini ADM bertengger di posisi dua sebagai produsen otomotif terbesar di dunia dengan pangsa pasar tahun lalu sebesar 15.6 persen, Toyota sebesar 34.7 persen dan Mitsubishi sebesar 15.0 persen.
Chief Executive Officer PT. Astra Internasional tbk - Daihatsu Sales Operation Suparno Djasmin mengatakan Indonesia memiliki potensi yang besar sebagai pasar otomotif, terlihat pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terus maju pesat, jumlah populasi yang besar dan tingkat daya saing yang tinggi.
"Pasar otomotif Indonesia naik rata-rata 14.4 persen selama delapan tahun terakhir dan Indonesia berhasil melampaui Thailand sebagai pasar otomotif terbesar di Asia Tenggara," katanya ketika memberi sambutan dalam rangka ulang tahun Daihatsu ke-105 di Jakarta pada Kamis (1/2).
Nantinya, ADM optimis mampu memproduksi 440 ribu unit setiap tahunnya karena ditunjang dengan pengoperasian pabrik Daihatsu di kawasan industri Surya Cipta Karawang pada Oktober 2012. Tahun lalu, ADM berhasil memproduksi 330 ribu unit.
Tak hanya itu ADM akan memberikan layanan-layanan terpadu kepada pelanggan seperti paket kredit dengan uang muka rendah dan cicilan ringan serta perbaikan kendaraan dalam waktu cepat karena pada umumnya pelanggan Daihatsu adalah pemilik mobil tunggal dan tidak ingin meninggalkan mobilnya terlalu lama di bengkel.
"Kami akan melakukan servis cepat selama sejam dan servis body repair paling lama selama 8 jam," katanya.