REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Di tengah kompetisi yang semakin ketat di segmen multi vehicle purpose (MPV), Toyota Kijang Innova tetap memperlihatkan performa terbaiknya dengan membukukan total penjualan 7.383 unit atau menguasai market shares 83,6% pada Januari 2013.
Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor, Joko Trisanyoto, menyebutkan masih tingginya permintaan terhadap Toyota Kijang Innova membuktikan bahwa mobil ini masih tetap dipercaya sebagai salah satu kendaraan andalan keluarga Indonesia. “Kami bersyukur Toyota Kijang terus mendapatkan respons positif dari konsumen. Toyota Kijang memang diciptakan sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia, sehingga tidak mengherankan jika mobil ini menjadi salah satu pilihan konsumen, khususnya keluarga di Indonesia,” kata Joko.
Toyota Kijang Innova merupakan salah satu ikon produk tersukses yang dirilis Toyota. Kijang Innova pertama kali diproduksi dan dipasarkan di Indonesia pada 2004. Kijang Innova menjadi salah satu kontributor terbesar penjualan, di mana sejak pertama kali diluncurkan hingga Januari 2013, membukukan total 459.240 unit.
Sementara itu, sejak kemunculan perdananya pada 9 Juni 1977 hingga Januari 2013, semua varian Toyota Kijang sudah membukukan total penjualan 1.525.127 unit. Kijang Innova merupakan generasi kelima dari Toyota Kijang yang merupakan produk legendaris Toyota. Sebagai line up produk terlama yang dimiliki Toyota Indonesia saat ini, Toyota Kijang terus menunjukkan eksistensinya dalam usia yang sangat mapan, yakni hampir 36 tahun.
Toyota Kijang terdiri dari lima generasi, yakni Generasi Pertama atau yang lebih dikenal sebagai Kijang Buaya (1977—1980), Generasi Kedua atau yang lebih dikenal sebagai Kijang Doyok (1981—1985), Generasi Ketiga atau yang lebih dikenal sebagai Kijang Super (1986—1996), Generasi Keempat atau yang dikenal sebagai Kijang Kapsul (1996—2004), serta generasi paling mutakhir, Kijang Innova (2004—sekarang).