Rabu 21 Oct 2015 11:09 WIB

CEO Apple Komentari Rumor Pembuatan Mobil

CEO Apple, Tim Cook
Foto: Reuters
CEO Apple, Tim Cook

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- CEO Apple Tim Cook memberikan komentar mengenai di industri mobil. Tim Cook tidak secara langsng mengomentari rumor bahwa Apple sedang mempersiapkan untuk membangun mobil sendiri. Namun, dia mengatakan industri mobil perlu ada perubahan.

"Ketika saya melihat mobil, saya melihat bahwa perangkat lunak menjadi bagian yang semakin penting dari sebuah mobil di masa depan. Anda melihat bahwa kemudi otomatis menjadi jauh lebih penting," ujar Cook, seperti diberitakan The Telegraph.

Komentar ini muncul menanggapi rumor bahwa Apple sedang mengikuti Google mengembangkan mobil listrik atau mobil kemudi otomatis. Rumornya, Apple akan mulai merilis mobil ini pada 2019 mendatang. Namun, sebelum penjualan mobil masih perlu banyak langkah termasuk pengujian dan juga regulasi keselamatan publik.

Apple kini sudah memiki software CarPlay. Software ini memungkinkan mobil menampilkan telepon, memutar musik dan berbicara dengan Siri. Perlahan, software ini juga telah diadaptasi oleh beberapa produsen mobil. Cook mengatakan langkah ini adalah adaptasi pengalaman iPhone ke dala mobil.

"KIta lihat nanti apa yang bisa kita lakukan di masa depan," ujar dia.

Apple telah menggandeng beberapa ahli otomotif, termasuk Megan McClain, mantan insinyur Volkswagen yang ahli di bidang kemudi otomatis. Apple juga menggendeng Vinay Palakkode, peneliti pascasarjana di Carnegie Mellon University yang merupakan pusat studi mobil kemudi otomatis. Apple dikabarkan juga telah bertemu dengan pejabat California untuk membahas mengenai regulasi ini.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement