Kamis 07 Jan 2016 07:07 WIB

Kia Kenalkan 3 Teknologi untuk Mobil Semi Otonom

Red: Dwi Murdaningsih
Kia
Foto: AutoCar
Kia

REPUBLIKA.CO.ID, Setelah mendapat izin lisensi untuk menjalankan mobil otonom sepenuhnya di jalan umum Nevada, kini KIA juga akan meluncurkan teknologi mengemudi semi otonom. Kia menamainya dengan 'drive wise'.

Dengan drive wise, Kia memperkenalkan teknologi semi otonom untuk konsumennya pada 2020 dan sepenuhnya otonom pada tahun 2030. Dalam ajang Consumer Electronic Show (CES), Kia juga telah memberi nama untuk peluncuran teknologi baru Highway Autonomous Driving (HAD), Urban Autonomous Driving (UAD) and Autonomous Valet Parking (AVP).

Ketiga teknologi ini akan memberikan kemudahan bagi pengguna saat di jalan raya. HAD akan berfungsi sebagai radar dan pusat informasi dengan kamera digital untuk tetap dijalur yang benar.

UAD bekerja menggunakan GPS untuk mengindentifikasi posisi mobil di jalan yang memungkinkan pengemudi berada aman di jalur navigasi lingkungan perkotaan. Sementara AVP memungkinkan pengemudi untuk menemukan tempat parkir dan atau menemukan mobilnya saat pengguna lupa menarunya dimana dengan bantuan smartwacth.