Sabtu 25 Jan 2020 03:50 WIB

Pangsa Pasar Toyota Naik 32,2 Persen

Raihan penjualan Toyota dianggap mencerminkan kesetiaan konsumen.

Rep: Firkah Fansuri/ Red: Indira Rezkisari
Toyota
Foto: AP Photo/Shuji Kajiyama,
Toyota

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PT Toyota-Astra Motor (TAM) berhasil mencatat kinerja di atas rata-rata industri.  Penjualan otomotif secara nasional tahun 2019 turun dari 1.151.413 unit pada 2018 menjadi 1.030.126 unit. Namun, pangsa pasar Toyota naik menjadi 32,2 persen dibandingkan 2018 sebesar 30,6 persen.

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto mengatakan di tengah kondisi pasar otomotif yang kurang menggairahkan sepanjang 2019, penjualan Whole Sales Toyota  mencapai 331.797 unit. Angka ini hanya mengalami penurunan sebesar 5,7 persen atau di bawah penurunan rata-rata industri sebesar 10,5 persen.  

Baca Juga

“Kami bersyukur raihan penjualan 2019 mencerminkan loyalitas konsumen terhadap produk-produk Toyota yang senantiasa terjaga dan terpelihara seperti tahun-tahun sebelumnya,’’ kata Henry dalam acara silaturahim awal tahun dengan sejumlah media di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Henri, Toyota selalu berkomitmen menghadirkan kendaraan sesuai dengan kebutuhan konsumen. ‘’Kami mengucapkan terima kasih kepada pelanggan setia Toyota yang sudah mempercayakan mobilitasnya bersama produk-produk Toyota,” ucapnya.

 

Capaian kinerja penjualan Toyota sepanjang 2019 antara lain didukung oleh peningkatan penjualan Avanza-Veloz di segmen Low MPV, Rush di segmen medium SUV dan Camry di segmen medium sedan. Secara keseluruhan, penjualan Toyota ditopang oleh segmen MPV dengan total penjualan 203.205 unit atau memberi kontribusi sebesar 61,2 persen.

Avanza dan Veloz, kata Henry, menjadi tulang punggung segmen ini. Di tengah penurunan penjualan di segmen low MPV, Avanza-Veloz berhasil mendongkrak angka penjualan dengan peningkatan sebesar 5,1 persen menjadi 86.374 unit. Sementara itu market share Avanza-Veloz di tahun 2019 juga mengalami peningkatan menjadi 34,0 persen dari sebelumnya  market share 28,7 persen di tahun 2018.

 

Kontributor penjualan Toyota terbesar kedua sepanjang kurun waktu tersebut adalah segmen SUV dengan penjualan 78.657 unit atau sebesar berkontribusi 23,7 persen dari total penjualan Toyota. Toyota Rush menjadi kontributor terbesar di segmen SUVdengan mencatatkan pertumbuhan angka penjualan sebesar 15,9 persen menjadi 61.659 unit. Sementara pangsa pasar Rush menjadi 54,0 persen dibanding tahun sebelumnya dengan 42,1 persen.

 

Selain MPV dan SUV, penjualan Toyota pada 2019 juga ditopang oleh penjualan segmen Sedan yang mencapai 2.853 unit atau meningkat 36,6 persen dibanding tahun 2018. Kontributor penjualan di segmen ini disumbang oleh Camry yang diluncurkan pada awal tahun dengan penjualan sebanyak 1.722 unit atau meningkat 136,9 persen dibanding penjualan tahun 2018. Camry mencetak market share 73,4 persen di pasar medium Sedan, meningkat dibandingkan tahun 2018 dengan market share sebesar 51,9 persen.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement