Selasa 29 Aug 2017 11:31 WIB

11 Persen ATM Bali Terdampak Gangguan Satelit Telkom1

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Andi Nur Aminah
Gerai ATM BCA yang mengalami terkena imbas gangguan koneksi satelit (ilustrasi)
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Gerai ATM BCA yang mengalami terkena imbas gangguan koneksi satelit (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Sebanyak 11 persen dari seluruh jaringan anjungan tunai mandiri (ATM) Provinsi Bali terdampak gangguan satelit Telkom1. Satelit Telkom1 digunakan sebagai Jaringan Komunikasi Data (JKD) layanan ATM beberapa bank di Indonesia sehingga aktivitas sempat offline.

"Perbankan di wilayah kerja Provinsi Bali mengantisipasi dampak gangguan tersebut, dengan segera melakukan rencana kontingensi. Seperti menggunakan JKD back-up dan berkoordinasi dengan Telkom untuk pemulihan gangguan," kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Bali, Causa Iman Karana, Selasa (29/8).

Causa mengimbau masyarakat tak perlu panik. JKD layanan ATM perbankan terdiri dari satelit dan kabel optik. Perbankan umumnya mempunyai JKD back-up yang berfungsi apabila JKD utama mengalami gangguan.

Gangguan satelit Telkom1 akibat anomali, yaitu pointing antena mengalami pergeseran. Ini berdampak pada terganggunya seluruh transponder satelit. Koneksi sementara dialihkan dari satelit Telkom1 ke satelit Telkom S3 atau satelit lainnya.