Rabu 28 Feb 2018 23:07 WIB

'Persija Berhasil Manfaatkan Kelemahan Tampines'

Anak-anak asuh pelatih Stefano Cugurra bisa mengeksploitasi sisi kiri Tampines.

Red: Israr Itah
Pemain Persija Jakarta Riko Simanjuntak (kiri) saling berebut bola dengan pemain Tampines Rovers Afiq Yunos (kanan) pada laga kedua Grup H Piala AFC di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (28/2).
Foto: Akbar Nugroho Gumay/Antara
Pemain Persija Jakarta Riko Simanjuntak (kiri) saling berebut bola dengan pemain Tampines Rovers Afiq Yunos (kanan) pada laga kedua Grup H Piala AFC di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (28/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih tim Tampines Rovers Juergen Raab memuji Persija Jakarta yang berhasil memanfaatkan kelemahan timnya kala kedua pihak berjumpa dalam lanjutan pertandingan Grup H Piala AFC 2018 di Jakarta, Rabu (28/2). Macan Kemayoran menang telak 4-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta

Menurut Raab, anak-anak asuh pelatih Stefano Cugurra  bisa mengeksploitasi sisi kiri pertahanan Tampines yang dianggapnnya menjadi sektor terlemah pada pertandingan yang dimenangkan tim tuan rumah dengan skor 4-1 tersebut.

"Persija melalui pemain sayap kanannya Riko Simanjuntak berkali-kali bisa menembus sisi kiri kami," ujar Raab.

Sisi kiri menjadi titik lemah karena bek kiri andalan mereka Irwan Shah terpaksa digeser ke kanan. Sebab, bek kanan utama Tempines Shannon Stephen dilanda cedera panjang yang membuatnya tidak bisa bermain sampai akhir musim.

Keadaan itu dimanfaatkan dengan baik oleh Persija melalui Riko Simanjuntak yang beberapa kali masuk ke kotak penalti Tampines via sisi kiri Tampines.

Gol pertama Persija di menit ke-11 pun tercipta dari proses ini, di mana Riko berlari dari sisi kiri Tampines dan melepaskan umpan tarik yang dimanfaatkan dengan baik oleh penyerang Marko Simic.

"Persija berhasil membuat perbedaan dengan lini kanan mereka yang istimewa. Mereka sangat bagus di sisi itu," tutur Raab.

Pernyataan Juergen Raab tersebut ditanggapi oleh pemain Persija Jakarta Ramdani Lestaluhu. Ramdani menyebut apa yang terjadi di lapangan merupakan perwujudan hasil latihan.

Namun, dia tak menampik bahwa Riko Simanjuntak, yang resmi dikontrak dari Semen Padang sejak November 2017, memang memiliki kemampuan mumpuni sebagai pemain sayap.

"Riko menunjukkan dia pantas bermain untuk Persija. Dia memang dibutuhkan tim di atas lapangan," kata Ramdani.

Persija Jakarta berhasil menaklukkan Tampines Rovers dengan skor 4-1 dalam laga keduanya di Grup H Piala AFC 2018 yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu.

Marko Simic menjadi bintang di pertandingan tersebut dengan catatan hattrick melalui golnya pada menit ke-11, ke-74 dan ke-86. Satu gol tambahan dilesakkan oleh Rezaldi Hehanusa pada menit ke-41.

Sementara gol dari Tampines Rovers dibuat oleh penyerang Khairul Amri di menit ke-77.

Hasil ini membuat Persija berada di posisi ketiga klasemen sementara Grup H Piala AFC 2018 dengan nilai tiga hasil satu kemenangan dari dua laga. Di laga perdananya, tim berjuluk Macan Kemayoran itu takluk 0-3 dari tim Liga Super Malaysia Johor Darul Takzim.

Di pertandingan lainnya di Grup H, tim asal Vietnam Song Lam Nghe An mengalahkan Johor Darul Takzim (JDT) dengan skor 2-0 yang membuat mereka memimpin klasemen sementara Grup H, disusul JDT di peringkat kedua.

Tampines Rovers masih berada di posisi buncit karena belum pernah menang dari dua laga yang telah dijalani. Pada laga pertamanya mereka tunduk 0-2 dari Song Lam Nghe An. 

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement