Rabu 28 Mar 2018 06:01 WIB

Jam Tangan Kayu Pegunungan Menoreh yang Mendunia

Bahan baku dari kayu yang ditanam di hutan rakyat di Kulon Progo.

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Andi Nur Aminah
Jam tangan dari bahan kayu yang di buat oleh Ahmad Heri secara otodidak.
Foto: Republika/Neni Ridarineni
Jam tangan dari bahan kayu yang di buat oleh Ahmad Heri secara otodidak.

REPUBLIKA.CO.ID, KULON PROGO -- Di lereng Pegunungan Menoreh, Kecamatan Samigaluh, terdapat dua pengrajin yang merupakan satu-satunya di DI Yogyakarta, yakni jam tangan dan biola. Produk mereka sudah mendunia, bahkan sampai ke Rusia.

Kedua produk tersebut kebetulan bahannya dari kayu yang ditanam di hutan rakyat di Kulon Progo. "Untuk pelestarian hutan rakyat, para pengrajin tersebut dan masyarakat di sini diminta untuk menanam pohon yang kayunya dimanfaatkan membuat kerajinan, seperti jam dan biola," kata penyuluh dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan DIY, Marni, yang juga merupakan penduduk Samigaluh kepada Republika.co.id.

 

photo
Ahmad Heri sedeng melakulan proses pembuatan jam tangan dari bahan kayu secara otodidak.

Jam tangan dari kayu dibuat oleh Ahmad Heri dan anaknya, Furkon, sejak 2015. Produk dari lereng Pegunungan Menoreh tersebut pernah dibeli oleh Presiden Rusia Vladimir Putin melalui Duta Besar Rusia yang ada di Indonesia. Di tempat produksinya tak tampak terlihat aktivitas dari luar. Setelah masuk ke dalam rumah, baru terlihat ada beberapa produk jam yang unik dan indah.