Rabu 15 Aug 2018 15:04 WIB

Peserta SMN Asal Papua Kunjungi Rumah Kreatif BUMN

Mereka juga mengunjungi Universitas Syah Kuala dan SMA Modal Bangsa Aceh.

Red: Irwan Kelana
Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Papua mengunjungi salah satu UKM binaan RKB BRI dan melihat langsung pembuatan kerajinan tas bordir khas Aceh.
Foto: Dok PTSI
Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Papua mengunjungi salah satu UKM binaan RKB BRI dan melihat langsung pembuatan kerajinan tas bordir khas Aceh.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Sebanyak 35 peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dari Provinsi Papua berkesempatan mengunjungi Rumah Kreatif BUMN (RKB) BRI di Banda Aceh, Selasa (14/8). Kunjungan ini untuk memberikan wawasan entrepreunership kepada siswa dengan mengenalkan usaha kecil menengah (UKM)/koperasi di daerah.

Melalui RKB yang dibentuk oleh Kementerian BUMN, setiap UKM dituntut untuk meningkatkan kualitasnya, baik barang, kemasan, maupun pemasarannya. “Program kunjungan ke RKB ini merupakan bagian dari upaya untuk memperkenalkan kepada siswa/siswi fungsi dan peran serta UMKM kreatif yang sedang dan telah dibina dalam upaya berkontribusi meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan daerah,” kata Kepala Bagian Bisnis Retail Kanwil BRI Aceh, Herman Depati, Selasa (14/8) seperti dikutip Antara.

Siswa mendapatkan wawasan bagaimana peran RKB dalam mendampingi dan mendorong pelaku UKM dalam menjawab tantangan pengembangan usaha UKM dalam hal peningkatan kompetensi, akses pemasaran, dan modal.

Diharapkan, kunjungan ini bisa mendorong jiwa entrepreunership siswa, menciptakan jiwa inovatif dalam upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat. Hal itu mengingat UKM memiliki potensi sebagai penggerak ekonomi Indonesia untuk kemakmuran negeri.

Siswa pun kemudian diajak ke salah satu UKM binaan RKB BRI dan melihat langsung pembuatan kerajinan tas bordis khas Aceh. "Saya senang bisa mendapatkan pembekalan ini. Memberi saya inspirasi untuk membuat usaha. Di Papua ada banyak potensi kebudayaan yang bisa dijadikan produk khas lokal," ujar Frans,  salah seorang peserta.

photo
Para pelajar asal Papua yang menjadi peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) di Provinsi Aceh.

Selain wawasan entrepreneurship, siswa Papua juga akan mendapatkan wawasan tentang pendidikan di Provinsi Aceh dengan mengunjungi Universitas Syah Kuala dan SMA Modal Bangsa Aceh. Sebelumnya, siswa mendapatkan wawasan nusantara bersama TNI di Rindam dan berkesempatan mengunjungi Sabang dengan 0 kilometernya yang terkenal itu.

Siswa Papua pun berkesempatan mengunjungi Pekan Kebudayaan Aceh yang digelar hingga 15 Agustus mendatang.

Program Siswa Mengenal Nusantara di Aceh ini merupakan sinergi BNI dan Surveyor Indonesia dalam mencerdaskan generasi muda Indonesia. Kegiatan tersebut diadakan pada 10-17 Agustus 2018. Pada saat yang bersamaan, sebanyak 26 siswa Provinsi Aceh melaksanakan program Siswa Mengenal Nusantara di Papua.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاَنِ احْكُمْ بَيْنَهُمْ بِمَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ وَلَا تَتَّبِعْ اَهْوَاۤءَهُمْ وَاحْذَرْهُمْ اَنْ يَّفْتِنُوْكَ عَنْۢ بَعْضِ مَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ اِلَيْكَۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَاعْلَمْ اَنَّمَا يُرِيْدُ اللّٰهُ اَنْ يُّصِيْبَهُمْ بِبَعْضِ ذُنُوْبِهِمْ ۗوَاِنَّ كَثِيْرًا مِّنَ النَّاسِ لَفٰسِقُوْنَ
dan hendaklah engkau memutuskan perkara di antara mereka menurut apa yang diturunkan Allah, dan janganlah engkau mengikuti keinginan mereka. Dan waspadalah terhadap mereka, jangan sampai mereka memperdayakan engkau terhadap sebagian apa yang telah diturunkan Allah kepadamu. Jika mereka berpaling (dari hukum yang telah diturunkan Allah), maka ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah berkehendak menimpakan musibah kepada mereka disebabkan sebagian dosa-dosa mereka. Dan sungguh, kebanyakan manusia adalah orang-orang yang fasik.

(QS. Al-Ma'idah ayat 49)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement