Senin 20 Aug 2018 17:10 WIB

PLN Berikan Beasiswa Sampai Sarjana untuk Joni

Berapapun biaya yang dibutuhkan Joni akan ditanggung oleh PLN.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Gita Amanda
Joni mendapat hadiah beasiswa dari PLN.
Foto: PLN
Joni mendapat hadiah beasiswa dari PLN.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT PLN (Persero) memberikan beasiswa hingga sarjana untuk Yohanes Ande Kala Marcal alias Joni, yang merupakan siswa di Atambua. Aksi Joni sempat viral karena memanjat tiang bendera saat Upacara HUT RI ke 73 kemarin.

Direktur Utama PT PLN, Sofyan Basir mengatakan PLN akan menanggung seluruh biaya pendidikan Joni hingga sarjana kelak. Berapapun biaya yang dibutuhkan Joni untuk menyelesaikan sekolahnya, akan ditanggung oleh PLN.

"Kita sampaikan penghargaan ke Joni, beasiswa hingga sarjana kelak. spontanitas acara kemarin untuk memperbaiki bendera. Ini inisatif yang membanggakan," ujar Sofyan di Gedung PLN, Senin (20/8).

Selain memberikan beasiswa bagi Joni, PLN juga menggelontorkan dana sekitar Rp 50 juta untuk renovasi rumah Joni di Atambua sana. "Beasiswa sampai sarjana. PLN yang berikan, ya, hampir delapan sampai 10 tahun. Renovasi rumah untuk orang tuanya. Totalnya, hampir 50 juta rupiah," ujar Sofyan.

Sebelumnya, aksi Joni memanjat tiang bendera ini menjadi viral di berbagai jejaring media sosial dan menyita perhatian masyarakat maupun pemerintah hingga tingkat pusat. Akibat aksinya itu, Joni pun mendapat banjir pujian dari publik, termasuk Menteri Pemuda dan Olah raga Imam Nahrawi.

"Itu sebuah tekad yang luar biasa. Bagi Joni mungkin itu tidak berbahaya, tetapi itulah tantangan. Joni mengorbankan semuanya demi Merah Putih," kata Menteri Imam Nahrawi di Jakarta.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَرَسُوْلًا اِلٰى بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ ەۙ اَنِّيْ قَدْ جِئْتُكُمْ بِاٰيَةٍ مِّنْ رَّبِّكُمْ ۙاَنِّيْٓ اَخْلُقُ لَكُمْ مِّنَ الطِّيْنِ كَهَيْـَٔةِ الطَّيْرِ فَاَنْفُخُ فِيْهِ فَيَكُوْنُ طَيْرًاۢ بِاِذْنِ اللّٰهِ ۚوَاُبْرِئُ الْاَكْمَهَ وَالْاَبْرَصَ وَاُحْيِ الْمَوْتٰى بِاِذْنِ اللّٰهِ ۚوَاُنَبِّئُكُمْ بِمَا تَأْكُلُوْنَ وَمَا تَدَّخِرُوْنَ ۙفِيْ بُيُوْتِكُمْ ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيَةً لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ مُّؤْمِنِيْنَۚ
Dan sebagai Rasul kepada Bani Israil (dia berkata), “Aku telah datang kepada kamu dengan sebuah tanda (mukjizat) dari Tuhanmu, yaitu aku membuatkan bagimu (sesuatu) dari tanah berbentuk seperti burung, lalu aku meniupnya, maka ia menjadi seekor burung dengan izin Allah. Dan aku menyembuhkan orang yang buta sejak dari lahir dan orang yang berpenyakit kusta. Dan aku menghidupkan orang mati dengan izin Allah, dan aku beritahukan kepadamu apa yang kamu makan dan apa yang kamu simpan di rumahmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat suatu tanda (kebenaran kerasulanku) bagimu, jika kamu orang beriman.

(QS. Ali 'Imran ayat 49)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement