Dapat Dukungan, Prabowo Diyakini Kawal Kepentingan Santri
Kamis , 12 Jun 2014, 20:34 WIB
antara
Ratusan pendukung pasangan Prabowo-Hatta membawa atribut dan meneriakkan yel yel dukungan saat kampanye di Lapangan Tanjung Sari, Lampung Selatan, Kamis (12/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbagai ikatan santri menyatakan mendukung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Dukungan antara lain dari Ikatan Pelajar NU (IPNU/IPPNU), Pelajar Islam indonesia (PII), Pelajar Muhammadiyah (IPM), Pelajar Persis, Pelajar Al Washliyah dan Aliansi alumni pesantren se-Indonesia.

Sekjen Poros Pelajar Santri Indonesia (PPSI) Ahmad Jojon mengatakan, Prabowo merupakan sosok yang peduli dengan dunia pendidikan pesantren. Ia juga dianggap mampu menjaga kepentingan pelajar santri seluruh Indonesia. 

Menurutnya, persoalan yang dihadapi pelajar pesantren saat ini adalah diskriminasi organisasi ekstrakurikuler. Seperti dilarangnya organisasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Ikatan Pelajar Muhammadiyah dan lain sebagainya di sekolah negeri. Sebagaimana diatur dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga Menteri. 

"Gerakan pelajar santri dan didukung aliansi pelajar santri yang lain ingin mengawal transisi kepemimpinan pada pilpres 2009-2014 ini untuk mengamankan kepentingan pelajar dan santri. Seperti, sikap ujian nasional yang harus ditinjau ulang, SKB tiga menteri yang tidak beri ruang buat organisasi santri di sekolah-sekolah negeri," jelas Ahmad saat deklarasi mendukung Prabowo-Hatta di Jakarta Selatan, Kamis (12/6).

Ia pun yakin, Prabowo-Hatta bisa menjaga kepentingan tersebut. "Kami pelajar santri yakin Prabowo-Hatta mampu menjalankan itu," jelas Sekjen Pelajar Islam Islam (PII) periode 2008-2010 itu. 

Presidium Aliansi Alumni Pesantren se-Indonesia, Nur Syamsi Zakaria menambahkan, Prabowo tak akan lari dari pesantren. Karena dalam perjalanannya, sosok Prabowo memiliki kedekatan dengan pesantren sudah terbangun sejak lama.  

"Prabowo Subianto memiliki kedekatan khusus dengan keluarga besar KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Hubungan itu sudah dibangun sejak lama. Rumah kakek Gus Dur dan Prabowo saling berdekatan di Matraman, makanya kami yakin Pak Prabowo memiliki kepedulian terhadap pesantren karena sejarah," kata Zakaria

Karenanya, mereka menyatakan mendukung Prabowo-Hatta pada pilpres 2014. Dukungan itu berasal dari hasil perbincangan dengan para pelajar santri di Indonesia. Seperti Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama, Pelajar Muhammadiyah, Pelajar Washaliyah, Pelajar Islam Indonesia dan beberapa aliansi pelajar islam lainnya.

Redaktur : Mansyur Faqih
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar