Kamis 06 Jan 2011 10:10 WIB

UNY Siap Lepas Landas Menuju Universitas Kelas Dunia

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA--Universitas Negeri Yogyakarta tahun ini mengorientasikan seluruh program untuk memantapkan landasan menuju universitas kelas dunia. "Semua lulusan S2 dan S3 terlebih lulusan luar negeri diharapkan dapat memperkuat barisan tim universitas kelas dunia dengan memberikan kontribusi sesuai dengan bidangnya masing-masing," kata Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Rochmat Wahab di Yogyakarta, Rabu (5/1).

Menurut dia pada penerimaan dosen UNY lulusan S2 dan S3, upaya lain yang sangat dibutuhkan adalah meningkatkan kecakapan bahasa asing dan mendesiminasikan karya-karya lewat website UNY sehingga menjangkau komunitas global. "Dalam hal ini, yang perlu mendapat penekanan adalah mengangkat ilmu pengetahuan dan kearifan lokal untuk masyarakat global," katanya.

Ia mengatakan, dosen lulusan S2 pada 2010 secara admnistratif telah melewati persyaratan kualifikasi akademik minimal. Namun demikian, UNY terus mendorong untuk segera studi lanjut S3 dan lebih diutamakan ke luar negeri. Bagi lulusan S3 telah memiliki persyaratan formal untuk mempersiapkan diri menjadi guru besar. Dosen yang telah lulus diharapkan segera terlibat dalam pengembangan jurusan dan program studi.

Menurut dia, upaya strategis yang dapat dilakukan adalah menerapkan ilmu yang mutakhir dan pengalaman profesional yang diperoleh selama studi. "Dosen lulusan S2 dan S3 telah memenuhi persyaratan minimal untuk dapat mengikuti program sertifikasi dosen. Namun, sebagai staf edukatif yang baik, tentunya tidak cukup puas dengan persyaratan minimal itu," katanya.

Ia mengatakan, jika memungkinkan, setiap dosen lulusan S3 dapat dikondisikan untuk menjadi ketua jurusan atau program studi, baik untuk jabatan antarwaktu maupun periode mendatang, kecuali jurusan atau program studi yang tidak memiliki doktor, baru kepala jurusan atau program studi lulusan S2. "Hal itu dimaksudkan untuk memantapkan posisi jurusan atau program studi sebagai ujung tombak institusi akademik," katanya.

Menurut dia, dengan kepulangan dosen yang studi S2 sebanyak 38 orang dan S3 sebanyak 14 orang, jumlah dosen secara keseluruhan yang sudah memiliki kualifikasi akademik S2 sebanyak 765 orang (72,65 persen) dan S3 sebanyak 140 orang (13 persen) dari dosen sebanyak 1.053 orang. "Artinya, UNY masih memiliki dosen yang berkualifikasi S1 sebanyak 148 orang. Pada saat ini dosen yang studi lanjut S2 sebanyak 119 orang dan S3 sebanyak 177 orang," katanya.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement