Selasa 06 May 2014 13:37 WIB

UI Mulai Buka Pendaftaran SIMAK

Red: Nidia Zuraya
Universitas Indonesia
Foto: Republika/Aditya
Universitas Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Universitas Indonesia (UI) kembali membuka pendaftaran Seleksi Masuk (SIMAK) dan pendaftaran SIMAK UI secara online melalui laman http://penerimaan.ui.ac.id mulai 5 Mei hingga 6 Juni 2014.

Kepala Kantor Komunikasi Universitas Indonesia Farida Haryoko di Depok, Selasa mengatakan pelaksanaan SIMAK UI 2014 adalah salah satu bentuk pemerataan kesempatan bagi anak bangsa di seluruh wilayah Indonesia untuk menempuh studi di UI tanpa diskriminasi dan membedakan kemampuan ekonomi.

Ia mengatakan ujian tertulis Vokasi (D3), S1 Reguler dan S1 Paralel akan dilaksanakan serentak pada 22 Juni 2014 di 17 kota yang tersebar di seluruh Indonesia. Sedangkan ujian S1 Kelas Internasional dilaksanakan pada 15 Juni 2014. Pengumuman dapat diakses secara online di http://penerimaan.ui.ac.id pada 23 Juli 2014.

Farida menjelaskan adapun Materi yang diujikan pada SIMAK UI 2014 untuk kelompok IPA adalah kemampuan dasar (Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris) dan kemampuan IPA (Matematika IPA, Fisika, Kimia, Biologi, dan IPA Terpadu), sedangkan kelompok IPS adalah kemampuan dasar dan kemampuan IPS (Ekonomi, Sejarah, Geografi, dan IPS Terpadu).