Rabu 11 Feb 2015 12:43 WIB

250 Mahasiswa Kedokteran Berkontribusi dalam Hidup Sehat

Red: Agus Yulianto
Menjaga hidup sehat termasuk ajaran Rasulullah SAW
Foto: ant
Menjaga hidup sehat termasuk ajaran Rasulullah SAW

REPUBLIKA.CO.ID, JATINANGOR – Sebanyak 250 mahasiswa kedokteran dari berbagai universitas di Indonesia, dipastikan mengikuti ‘National Leadership Summit 2015’ yang digagas Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur I, Lembaga Administrasi Negara Jatinangor pada 12-15 Februari 2015. Untuk tahun ini, tema  yang diangkat adalah “Medical Student’s Contribution Beyond 2015: To Ensure Healthy Lives”.

National Leadership Summit 2015 adalah pertemuan mahasiswa kedokteran tingkat nasional yang diadakan oleh organisasi mahasiswa atau Center for Indonesian Medical Students  Activities (CIMSA). CIMSA adalah organisasi nasional mahasiswa kedokteran yang bersifat independen, non-politik, dan non-profit. CIMSA didirikan pada tahun 2001 dan kini telah menjangkau 18 universitas dengan lebih dari 500 member aktif.

National Leadership Summit 2015 membawa lebih dari 250 mahasiswa kedokteran dari berbagai daerah di Indonesia untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi mahasiswa kedokteran dalam berbagai keterampilan serta isu yang diangkat. Tahun ini, National Leadership Summit 2015 menganut tema “Medical Student’s Contribution Beyond 2015: To Ensure Healthy Lives”, mengingat partisipasi tinggi CIMSA dalam MDGs (Millenium Development Goals) dan tekad untuk terus berkontribusi untuk Agenda Pembangunan Global Post 2015.

Vice President for External Affairs Diannisa Paramita mengatakan, pada 2011, CIMSA mengeluarkan ‘policy statement’ sebagai komitmen atas pergerakan dalam mencapai indikator MDGs di Indonesia. Salah satu projects inisiatif dari komitmen ini adalah diselenggarakannya MDGs Months, yakni kegiatan tahunan yang serempak pada 18 universitas untuk mengadakan project dengan tema MDGs.