Kamis 13 Sep 2018 11:55 WIB

Aktor Ini Ditangkap karena Menghina Tuhan dan Bunda Maria

Penahanan Toledo dinilai sudah sesuai dengan perintah pengadilan.

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
Penodaan agama.  (ilustrasi)
Foto: Republika/Mardiah
Penodaan agama. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Seorang aktor kawakan Spanyol Willy Toledo ditangkap polisi dan diperiksa oleh hakim. Aktor yang berusia 48 tahun ini dituduh telah menghina Tuhan dan Bunda Maria. Toledo merupakan aktor film dan televisi yang menghadapi tuduhan telah melakukan penodaan agama.

Kasus Toledo bermula pada unggahannya di media sosial Facebook pada Juli 2017 lalu. Toledo membela tiga perempuan yang membawa boneka kemaluan wanita raksasa dalam sebuah parade keagamaan di Sevilla. Tiga perempuan tersebut menamakan boneka tersebut Coño Insumiso atau kemaluan yang tak berhati.

"Saya tidak peduli pada Tuhan, dan saya merasa sudah cukup muak pada dogma kesucian dan keperawanan atas Bunda Maria. Negara ini sangat amat memalukan, saya muak," tulis Toledo dalam unggahannya, seperti dilansir dari the Guardian, Kamis, (13/9).

Toledo menjadi salah figur publik yang terlibat atas meningkatnya ketakutan Spanyol akan kebebasan berbicara. Seorang juru bicara polisi mengatakan, Toledo akan ditanyai oleh hakim. Ia juga menambahkan, penahanan Toledo sudah sesuai dengan perintah pengadilan.