Kamis 24 Jun 2010 14:19 WIB

Lolos dari Lubang Jarum, Jerman Melaju ke 16 Besar

Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, JOHANNESBURG--Jerman berhasil melepaskan diri dari tekanan. Tampil dengan sebagian besar pemain muda, Jerman sukses menekuk Ghana 1-0 dalam laga terakhir Grup D Piala Dunia 2010 di Stadion Soccer City, Kamis dinihari WIB (24/6). Jerman pun lolos ke babak 16 besar.

Tim Panser harus lebih dulu bersusah payah sebelum memastikan kemenangan. Apalagi duet pemain Ghana Kwadwo Asamoah dan Asmoah Gyan di lini depan kerap membahayakan gawang Jerman.

Jerman kali ini tampil tanpa pemain senior, Miroslav Klose di lini depan. Klose di partai sebelumnya lawan Serbia terkena kartu merah sehingga tak bisa tampil. Posisinya diganti striker muda, Cacau.

Jerman sebelumnya juga sudah kehilangan pemain senior lainnya, Michael Ballack, sebelum perhelatan Piala Dunia 2010. Ballack cedera engkel saat tampil di final Piala FA. Ia diganjal keras oleh Kevin Prince Boateng.

Uniknya, Prince Boateng adalah gelandang timnas Ghana. Prince juga tampil saat menghadapi Jerman. Ia bahkan bertarung melawan kerabatnya yang memperkuat Jerman, Jerome Boateng.

Meski, tanpa dua pemain senior itu, Jerman tetap tampil menekan melalui duet pemain muda Muslim, Mesut Ozil dan Sami Khedira, di lini tengah.

Ozil bahkan tampil memikat dan mampu membawa pengaruh besar bagi tim 'Panser'. Dia pula yang sukses mencetak gol di menit ke-59. Memanfaatkan umpan Thomas Muller, Ozil melepas tendangan voli kaki kiri dari luar kotak penalti yang gagal dihalau kiper Ghana Richard Kingson.

Jerman lolos sebagai juara Grup D. Namun di babak 16 besar nanti, Jerman sudah harus menghadapi lawan tangguh, runner-up Grup C, Inggris. Adapun Ghana, meski kalah, tetap melaju ke babak 16 besar untuk menantang Amerika Serikat

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement