Ahad 17 Jun 2012 20:25 WIB

Intip Fakta Menarik Jelang Portugal vs Belanda

Red: Yudha Manggala P Putra
Portugal vs Belanda
Foto: Berbagai Sumber
Portugal vs Belanda

REPUBLIKA.CO.ID, KHARKIV - Belanda akan melakoni laga hidup mati saat melawan Portugal pada pertandingan pamungkas Grup B, di Metalist Stadium, Kharkiv, Senin (18/6) dinihari WIB.  

Terbenam di dasar "Grup Neraka" tanpa poin sebiji pun, De Oranje tak punya pilihan lain selain menang jika ingin tetap berpeluang lolos ke babak delapan besar. 

Di atas catatan sejarah pertemuan kedua tim, Portugal ternyata bukanlah lawan yang mudah ditaklukan Belanda. Terbukti dari 10 laga terakhir melawan Portugal (termasuk laga persahabatan), pasukan Oranye baru sekali saja mencetak kemenangan, yaitu pada pertandingan kualifikasi Piala Eropa 1992. 

Sementara sisanya, berakhir dengan enam kemenangan untuk tim Selecao, dan tiga hasil seri. Namun, bola masihlah bundar. Peluang untuk belanda lolos masih tetap terbuka. 

Meski syaratnya tidak mudah: Belanda wajib menang lebih dari dua gol atas Portugal, sembari berharap Jerman mampu membekuk Denmark.

Berikut data dan fakta menarik seputar Belanda dan Portugal seperti dikutip dari laman Yahoo Sports, Ahad (17/6):

- Belanda baru memenangkan satu dari 10 laga terakhir melawan Portugal, yaitu pada saat pertandingan kualifikasi di Piala Eropa 1992. Diantara pertemuan tersebut Selecao memenangkannya di piala dunia 2006 (1-0) dan di Piala Eropa 2004 (2-1).

- Belanda gagal mencetak gol dalam enam dari 10 pertemuannya melawan Portugal.

- Pertemuan antara keduanya di Piala Dunia 2006 menorehkan rekor pertandingan dengan kartu merah terbanyak (empat kartu merah) dalam sejarah pertandingan sekelas Piala Dunia atau Kejuaraan Eropa. 

- Portugal tidak pernah bermain seri di babak penyisihan grup Kejuaraan Eropa sejak hasil imbang melawan Denmark pada 1996.

- Belanda kalah dalam tiga pertandingan terakhir mereka di kejuaraan Eropa dan Piala Dunia, dengan hanya mencetak satu gol.

- Pada Piala Eropa 2008, Belanda berhasil memenangkan semua (tiga) pertandingan di babak penyisihan grup. Kini, di piala Eropa 2012, mereka justru berpeluang kalah di tiga pertandingan penyisihan.

- Belanda adalah tim yang melepaskan tembakan terbanyak namun dengan gol paling sedikit di Grup B. Dari 46 tembakan yang dilepaskan, hanya satu saja yang berbuah gol.

- Tidak ada satupun gol yang diciptakan Belanda di Piala Eropa tercipta di bawah 54 menit waktu pertandingan. Pada dua pertandingan penyisihan grup B kemarin, gawang kiper Stekelenburg kebobolan pada rentang 24 menit pertama.

- Lima gol terakhir Portugal di Eropa tercipta lewat sundulan kepala. 

- Satu-satunya harapan Belanda lolos ke perempatfinal adalah dengan mengalahkan Portugal setidaknya dua gol dengan harapan Denmark kalah lawan Jerman.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement