Kamis 13 Jun 2019 02:00 WIB

Nadal tak Perlu Pemanasan Jelang Tampil di Wimbledon

Nadal yakin ia sudah dekat untuk menambahkan gelar Wimbledon ketiga dalam koleksinya.

Red: Endro Yuwanto
Rafael Nadal
Foto: EPA-EFE/Lukas Coch
Rafael Nadal

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Juara Grand Slam French Open tahun ini, Rafael Nadal mengatakan, ia tidak akan mengikuti turnamen lapangan rumput pemanasan menjelang Wimbledon. Namun ia yakin bisa jadi penantang untuk meraih gelar ketiga di sana.

Petenis asal Spanyol itu meraih gelar Roland Garros ke-12 dengan mengalahkan Dominic Thiem pada Ahad lalu. Ini membuatnya hanya terpaut dua gelar grand slam di belakang rekor Roger Federer dengan 20 gelar.

Petenis berusia 33 tahun itu selanjutnya pulang ke Mallorca untuk mengisi kembali baterai-nya sebelum menuju Wimbledon pada akhir bulan ini.

Nadal juara di All England Club pada 2008 dan 2010. Namun rekornya di sana sejak itu bervariasi, sekali pun ia mencapai semifinal tahun lalu.

"Saya tahu, saya memainkan event besar tahun lalu. Saya telah sangat dekat dengan memenangi gelar berikutnya di sana," kata Nadal yang disingkirkan oleh Novak Djokovic dalam semifinal tahun lalu. "Seperti diketahui semua orang, saya menyukai bermain di rumput. Dan, seperti semua orang tahu, saya tidak bisa bermain dalam beberapa pekan beruntun seperti yang saya lakukan 10 tahun lalu."

Nadal mengalami masalah lutut sepanjang kariernya dan absen pada Wimbledon 2009 dan 2016. Ia juga menghadapi masalah lutut menjelang French Open, namun bermain hebat sepanjang dua pekan itu.

Nadal yakin ia sudah dekat untuk menambahkan gelar Wimbledon ketiga dalam koleksinya pada dua tahun terakhir, meskipun ia masuk lapangan tanpa pertandingan kompetitif di lapangan rumput.

"Sejujurnya, dua tahun terakhir ketika saya bermain di Wimbledon, saya merasa nyaris juara lagi," kata Nadal. "Tahun lalu saya kurang satu poin ke final. Saya merasa lebih kompetitif beberapa tahun terakhir, maka mengapa juga saya harus mengubah itu? Yang memberi saya peluang lebih baik adalah kondisi sehat dibanding memainkan banyak pertandingan sebelumnya."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement