Jumat 02 Aug 2019 08:18 WIB

Ummu Rumman Motivator Dakwah

Ia dikenal sebagai istri salehah juga ibu teladan

Red: Agung Sasongko
Oase (ilustrasi)
Foto: Wordpress.com
Oase (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semasa hidupnya Khalifah Abu Bakar as- Siddiq memiliki empat orang istri. Dua di antaranya, yaitu Qutaibah binti Abdul Uzza dan Ummu Rumman ia nikahi pada masa jahiliah. Sedangkan dua istri lainnya, yakni Asma binti Amis dan Habibah binti Zaid al-Kkhazraj dinikah setelah Islam berkembang di Makkah dan Madinah. Dari keempat istri tersebut, Abu Bakar memiliki enam anak, tiga laki-laki, dan tiga perempuan.

Dari keempat istri Abu Bakar, Ummu Rumman lebih populer. Popularitas ini lantaran ia adalah ibu dari Aisyah, istri Rasulullah SAW. Nama Ummu Rumman masuk juga dalam jajaran perempuan ahli surga. Pernikahannya dengan Abu Bakar memang terjadi pada zaman Jahiliah. Namun, ia menyatakan Islam begitu Islam datang ke Makkah.

Sebelum menikah dengan Abu Bakar, Ummu Rumman menikah dengan Harits bin Sukhairah al-Azdi. Perempuan berparas cantik, berbudi luhur, dan tutur kata yang fasih ini tinggal di perkampungan as-Sarah, daerah perbukitan di Jazirah Arab.

Dari pernikahan itu, lahir ath-Thufail. Dari perkampungan as-Sarah, pasangan suami istri ini hijrah ke Makkah. Peraturan yang berlaku kala itu, tiap orang asing yang me masuki dan bermukim di Makkah harus memiliki penjamin. Harist memilih Abdullah bin Abu Quhafah, yang tak lain ialah Abu Bakar.