Monday, 4 Jumadil Awwal 1444 / 28 November 2022

Monday, 4 Jumadil Awwal 1444 / 28 November 2022

4 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Angin Dingin Berkecepatan Tinggi Terjang Tenggara Australia

Jumat 09 Aug 2019 06:17 WIB

Red:

abc news

abc news

Angin dingin berkecepatan 150 km per jam menerjang wilayah Tenggara Australia.

Angin kencang dengan daya rusak disertai suhu dingin menerjang wilayah tenggara Australia. Angin menyebabkan kawasan dermaga rusak, pohon tumbang, listrik mati dan badai salju.

Layanan Darurat di Victoria (SES) memastikan sebuah dermaga Melbourne telah rusak setelah strukturnya terlepas dan diterbangkan angin kencang. Angin dengan kecepatan 150 km per jam pada Jumat (9/8/2019) pagi menerjang seluruh wilayah itu, menyebabkan jadwal penerbangan tertunda serta potensi kekacauan lalu-lintas.

"Ini badai terdingin yang terjadi tahun ini," kata Rohan Smyth dari Biro Meteorologi setempat.

Tim paramedis terpaksa didatangkan untuk menolong empat orang yang terjebak dalam mobil akibat tertimpa pohon tumbang di salah satu kawasan Victoria.

An aerial view of emergency workers cutting parts of a tree off a silver car, which is crumpled under the weight of the truck. Photo: Pohon tumbang akibat angin kencang menerpa sebuah mobil yang dikendarai empat orang di salah satu daerah di Victoria, Jumat (9/8/2019). (ABC News)
 

SES meminta para pengemudi berhati-hati dan mengeluarkan peringatan "berbahaya" untuk berkendara selama kejadian ini. Batas kecepatan kendaraan juga diturunkan maksimal 60 kilometer per jam di sejumlah titik lalu-lintas yang sibuk.

SES menerima panggilan ratusan panggilan darurat hingga pukul 10:00 pagi, sebagian besar melaporkan pohon tumbang serta kerusakan bangunan. Dilaporkan sedikitnya 1.500 pelanggan mengalami mati listrik sekitar pukul 7.30 pagi.

Bandara Melbourne menjelaskan sejauh ini sudah 23 penerbangan domestik dibatalkan. Namun, tidak ada penerbangan internasional yang terdampak.

Sementara itu, kondisi di Australia Selatan pada Jumat pagi dilaporkan telah mereda setelah badai menerjang kawasan itu Kamis malam. Badai menyebabkan 5.500 pelanggan mengalami mati listrik.

 

Namun di beberapa daerah Australia Selatan masih tetap diberlakukan peringatan cuaca buruk. Badai debu yang luas dilaporkan masih terjadi di sebagian distrik negara bagian tersebut.

Cuaca dingin diperkirakan akan disertai hujan, guntur dan hujan es di Victoria sepanjang hari ini, sebelum bergerak ke New South Wales (NSW) dan Canberra. "Udara dingin terburuk" ini diperkirakan akan mencapai NSW pada hari Sabtu.

Sebagian besar wilayah pantai timur NSW telah mengeluarkan peringatan badai angin dengan kecepatan lebih dari 90 kilometer pada hari Jumat. Kawasan ski di Victoria, yang mengalami hujan salju lebat sepanjang musim dingin, akan kembali mengalami badai salju. Kecepatan angin diperkirakan akan mencapai puncaknya dengan kecepatan 120 kilometer per jam.

Sejumlah jalan juga ditutup karena mengalami salju tebal. Sebelum pukul 5:30 pagi, suhu kawasan bersalju Thredbo tercatat minus 22 derajat Celcius. Kawasan pegunungan dengan altitude 500 meter diperkirakan akan bersalju.

Simak berita lainnya dari ABC Indonesia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile