Jumat 06 Dec 2019 08:36 WIB

Petugas Damkar Tangkap Biawak yang Resahkan Warga Cengkareng

Seekor biawak yang resahkan warga Cengkareng ditangkap petugas Damkar.

Red: Reiny Dwinanda
Biawak (Ilustrasi). Petugas Damkar Cengkareng menangkap biawak yang meresahkan warga.
Foto: abc
Biawak (Ilustrasi). Petugas Damkar Cengkareng menangkap biawak yang meresahkan warga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Petugas pemadam kebakaran (Damkar) menangkap biawak cukup besar yang berkeliaran di Jalan Kampung Pulo Harapan, RT 09/10 Cengkareng Barat, Jakarta Barat, Kamis. Danton Damkar Kecamatan Cengkareng Daryana menyebut, pihaknya mendapat informasi dari warga yang merasa resah dengan keberadaan reptil di lingkungan tersebut.

Daryana mengatakan, proses evakuasi biawak itu memakan waktu sekitar 1,5 jam. Lima orang petugas Damkar dikerahkan untuk menangkap reptil tersebut.

Baca Juga

Petugas sampai menerobos saluran air dan mengendap di sela-sela rumah warga untuk menangkap biawak yang bersembunyi di sana. Perjuangan petugas Damkar dalam mengevakuasi biawak itupun menjadi tontonan warga.

Daryana mengatakan, berdasarkan laporan Ketua RT setempat, biawak tersebut membuat warga ketakutan. Biawak tersebut kerap melintas di atap rumah warga pada malam hari.

"Mmemang ukurannya cukup besar, beratnya sekitar 9 kg dan panjang 1,5 meter," kata Daryana.

Atas kesepakatan bersama untuk sementara biawak tersebut dibawa ke kantor Damkar Cengkareng agar tak membahayakan warga. Ia mengatakan, kemungkinan nantinya biawak itu diserahkan ke kebun binatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement