Kamis 17 Oct 2024 13:55 WIB

Api Lalap Gedung Yayasan, Petugas Damkar dan Warga Terluka

Selain petugas Damkar, korban luka lainnya adalah warga bernama Ahmad Yusuf Abdulah

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Kebakaran (Ilustrasi)
Foto: ANTARA/Jessica Helena Wuysang
Kebakaran (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON--Dua orang terluka akibat jatuh dari atap saat kebakaran melanda gedung milik Yayasan Assidiqiyah di Blok Pejaten Kidul, Desa Cempaka, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Kamis (17/10/2024) sekitar pukul 06.20 WIB.

Adapun korban adalah petugas pemadam kebakaran yang bernama Sigit Priadi, dari Sektor Damkar Sumber. Korban mengalami luka robek pada bibir atas dan bagian dalam pipi kanan, serta luka jari-jari tangan serta lututnya.

Baca Juga

Selain itu, dari hasil foto rontgen juga menunjukan adanya dugaan patah tulang selangka (tulang bahu bagian kanan). Selain petugas Damkar, korban luka lainnya adalah warga bernama Ahmad Yusuf Abdulah, yang diduga mengalami patah tulang lengan kiri.

Kabid Pemadaman Penyelamatan, dan Sarana Prasarana (PPSP) Disdamkarmat Kabupaten Cirebon, Eno Sujana, menjelaskan, laporan mengenai kebakaran yang menghanguskan sebagian dari bangunan milik Yayasan Assidiqiyah itu awalnya diterima oleh Damkar Sektor Weru dan Sektor Sumber.

Mendapat laporan itu anggota Damkar pun langsung menuju lokasi. Setibanya di lokasi kebakaran, petugas langsung melakukan pemadaman. Saat pemadaman sedang berlangsung, tiba-tiba dari atas atap yang terbuat dari asbes ada salah satu warga yang jatuh. Hal itu menyebabkan anggota Damkar juga ikut terjatuh dari ketinggian kurang lebih 2,5 meter.

Kedua korban pun segera dievakuasi. Petugas Damkar dilarikan ke rumah sakit Mitra Plumbon. Sedangkan warga menolak untuk dievakuasi ke rumah sakit. ‘’Berdasarkan informasi yang didapat, api diduga berasal dari pembakaran sampah yang dilakukan oleh oknum warga yang berada dibelakang bangunan sebelah selatan gedung kemudian menjalar ke plafon yang terbuat dari bahan kayu,’’ kata Eno.

Proses pemadaman dan pendinginan dinyatakan selesai pukul 07.45 WIB. Adapun area yang terbakar sekitar 100 meter persegi. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement