Jumat 20 Dec 2019 03:32 WIB

Program Kesehatan dan Nutrisi Bantu Siman Raih Emas

Siman terlibat dalam program Winning Meals yang membuatnya lekas bugar.

Red: Gilang Akbar Prambadi
(Kiri ke kanan) Public Relation Departement Manager Ajinomoto Indonesia Indra Nurcahyo,  perenang nasional I Gede Siman Sudartawa, pelatih renang nasional Albert Christiadi Sutanto, dan profesional nutrsionis Emilia Achmad di Jakarta, Kamis (19/12).
Foto: Dok. Ist
(Kiri ke kanan) Public Relation Departement Manager Ajinomoto Indonesia Indra Nurcahyo, perenang nasional I Gede Siman Sudartawa, pelatih renang nasional Albert Christiadi Sutanto, dan profesional nutrsionis Emilia Achmad di Jakarta, Kamis (19/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peraih medali emas SEA Games 2019 untuk cabang olahraga (cabor) nomor punggung putra 50 meter, I Gede Siman Sudartawa menyebut asupan nutrisi tepat sebagai formula performa maksimalnya. Selain emas, ia juga mendapat medali perak pada nomor estafet 4x100 m gaya ganti, dan perunggu pada nomor 100 m gaya punggung.

 

Prestasi yang ditorehkan Siman bukan hanya dari kerja kerasnya selama latihan, tetapi juga berasal dari dukungan ahli gizi olahraga yang mengontrol asupan nutrisi yang dikonsumsi Siman setiap harinya.

 

Hal tersebut diungkapkan oleh ahli nutrisi olahraga yang mengurus Siman sejak 2017, Emilia Elfiranti. Melalui program Winning Meals yang didukung Ajinomoto Indonesia, Siman dibantu dengan pemberian asupan makanan bernutrisi yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuhnya.

 

Emilia mengatakan, gizi berperan sangat penting bagi atlet untuk mencapai performa terbaiknya. Seorang atlet, menurutnya tidak bisa makan sembarangan, tapi harus mengonsumsi makanan yang disesuaikan dengan kondisi atlet.

 

"Kalau bicara olahraga di Indonesia itu, kekurangannya satu, asupan makanan tak dipandang sebagai hal teknis, tapi soal emosional," ujar Emilia dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (19/12).

 

Pelatih timnas nasional renang Albert Sutanto menambahkan, asupan nutrisi yang terjaga telah membantu Siman lebih cepat pulih dari cedera bahu yang diderita sejak akhir tahun 2018.

 

"Siman sempat cedera bahu. Bahunya dislocated di kejuaraan di Myanmar yang mengakibatkan Siman tidak berlatih dengan benar. Tapi berkat asupan nutrisi yang teratur telah membantunya lebih cepat pulih," kata Albert.

 

Siman pun merasa bangga bisa terpilih mengikuti program tersebut. Ia yakin, dengan menjaga asupan makanan, ia bisa tampil lebih maksimal."Meskipun makanannya rasanya tasteless, tapi saya yakin dengan konsisten menjaga makanan, penampilan saya bisa lebih maksimal," ujar dia.

 

Program ini diawali di negara Jepang yang menjadi inisiator. Ajinomoto sendiri disebut merupakan perusahaan Jepang pertama yang berkomitmen dan berkontribusi menjadi sponsor resmi berbagai ajang olahraga Internasional seperti SEA Games.

 

Selain itu, menurut Presiden Direktur PT. Ajinomoto Indonesia Ichiro Sakakura , Ajinomoto Indonesia juga melakukan berbagai kegiatan edukasi perihal kecukupan gizi, yang mencakup penyediaan produk-produk Ajinomoto sekaligus mempromosikan program ‘Kachimeshi’ ke masyarakat luas.

 

“Kami sangat antusias dapat menyelenggarakan program global ini. Hal tersebut juga sejalan dengan visi dan misi Ajinomoto Indonesia untuk terus berkontribusi bagi masyarakat luas. Kali ini, dengan meneruskan program global yang berkomitmen di bidang olahraga, maka kami gembira dapat mendukung atlet renang nasional I Gede Siman Sudartawa,” ujar Ichiro.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement