Selasa 03 Mar 2020 12:00 WIB

Madiun Jadi yang Tercepat Salurkan Dana Desa

Madiun menjadi satu-satunya kabupaten di Indonesia yang sudah menyalurkan 100 persen dana desa

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Esthi Maharani
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa
Foto: Republika/Fauziah Mursid
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

REPUBLIKA.CO.ID., SURABAYA -- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi kinerja Pemerintah Kabupaten Madiun dalam penyaluran Dana Desa tahap I 2020. Dimana Kabupaten Madiun menjadi satu-satunya kabupaten di Indonesia yang sudah menyalurkan 100 persen dana desa tahap pertama 2020.

Gubernur perempuan pertama di Jatim itu pun melakukan monitoring langsung penyaluran dana desa di 2 desa di Kabupaten Madiun, yakni Desa Pule dan Desa Sidomulyo Kecamatan Sawahan. Di Desa Sidomulyo, dana desa tahap I digunakan untuk membangun pasar desa dan kantor Bumdesa. Sementara di Desa Pule, dana desa diperuntukan membangun Taman Pule, taman wisata di tengah area persawahan yang juga menyediakan banyak produk UMKM khas Madiun.

"Saya sangat bangga dan sangat mengapresiasi kinerja Pemkab Madiun dan semua kepala desa di Madiun. Kepala desa di Madiun keren-keren," kata Khofifah di Surabaya, Selasa (3/2).

Prestasi Madiun dalam penyaluran dana desa, kata dia bukan hanya tingkat provinsi, melainkan terbaik se-Indonesia atau tingkat nasional. Bahkan, pola perencanaan dan penyaluran akan diadopsi Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dengan tetap membawa nama Madiun.