Rabu 18 Mar 2020 12:37 WIB

Benarkah Cina Tengah Membingkai Citra Positif Berhasil Tangani Corona?

Semakin menurunnya jumlah kasus baru COVID-19 di Cina, para ahli mengatakan semakin gencar pula propaganda Cina meningkatkan citra positif negaranya di mata internasional dan sistem otoriter Cina dianggap lebih baik.

Rep: deutsche welle/ Red: deutsche welle
picture-alliance/AP Photo/A. Wong
picture-alliance/AP Photo/A. Wong

Pada Senin (16/3), kantor berita Xinhua milik pemerintah Cina menerbitkan tulisan opini yang menekankan bahwa Cina telah menerapkan ‘‘langkah-langkah pencegahan yang paling komprehensif, paling ketat dan paling teliti‘‘ untuk memerangi wabah virus corona (SARS-CoV-2).

Artikel itu mengklaim bahwa Cina telah membuat kemajuan luar biasa dalam penanggulangan virus, dan kehidupan masyarakat kembali normal secara bertahap. Artikel itu juga menyoroti bahwa Cina mengirim pakar medis ke luar negeri, salah satunya ke Italia, untuk membantu negara-negara lain menangani wabah ini.

Karena jumlah kasus baru terkait COVID-19 yang dikonfirmasi di Cina terus menurun, pemerintah negara itu tengah berusaha mempromosikan sebuah citra positif melalui propaganda yang menunjukkan bahwa Cina kini memiliki kondisi sosial yang stabil.

Pekan lalu, Presiden Cina Xi Jinping mengunjungi kota Wuhan, yang menjadi lokasi wabah virus corona pertama kali muncul, untuk menunjukkan kepada masyarakat Cina bahwa yang masa-masa buruk sudah berakhir. Sekarang Cina ingin menunjukkan kepada dunia bahwa mereka telah berhasil "mengalahkan" virus corona.