Rabu 22 Apr 2020 14:32 WIB

Apakah Virus Corona Berasal dari Laboratorium di Wuhan?

Apakah virus corona kabur dari sebuah laboratorium di Wuhan?

Rep: deutsche welle/ Red: deutsche welle
Apakah Virus Corona Berasal dari Laboratorium di Wuhan?
Apakah Virus Corona Berasal dari Laboratorium di Wuhan?

Peneliti dan wartawan sejak awal berspekulasi, bagaimana caranya virus corona jenis baru SARS-CoV-2 tiba-tiba muncul di Wuhan. Dugaan pertama, virus berasal dari pasar ikan yang juga menjual hewan liar. Tapi sejumlah media barat kini memberitakan, kemungkinan virusnya bocor dari Wuhan Institute of Virology yang berlokasi tidak jauh dari pasar ikan Wuhan.

Teori mengenai kemungkinan kebocoran dari laboratorium di Wuhan sudah menyebar lewat media sosial sejak bulan Januari silam. Tapi teori ini dicampur dengan teori konspirasi tentang riset rahasia senjata biologis oleh militer Cina.

Ketika itu, harian Washington Post membantah teori kemungkinan virusnya adalah hasil rekayasa manusia. Wawancara dengan sejumlah pakar virologi menyebutkan, melihat sifat virusnya, tertutup kemungkinan bahwa itu mutasi buatan manusia. Ini diperkuat dengan riset dari tim peneliti di bawah pimpinan Kristian G. Andersen, yang dilansir dalam jurnal ilmiah Nature Medicine terbitan 17 Maret.

Tambahan lagi, apa yang dikerjakan institut virologi di Wuhan tidak dirahasiakan dan hasil riset virus kelelewar yang dilakukan di sana, juga dipublikasikan dalam sejumlah jurnal ilmiah. Mitra peneliti barat juga terlibat dalam sejumlah topik peelitian. Galveston National Laboratory dari University of Texas juga merupakan mitra erat institut riset di Wuhan. Bahkan Amerika Serikat membiayai sejumlah penelitian di Wuhan, demikian lapor harian Inggris Daily Mail.