Rabu 03 Jun 2020 07:08 WIB

Enam Bidang Usaha Parekraf Prioritas untuk Uji Coba New Normal

Jika protokol ditetapkan maka dibutuhkan beberapa tahapan sebelum usaha dapat dibuka

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Gita Amanda
Industri perfilman (ilustrasi). Industri perfilman akan jadi satu dari enam bidang usaha yang akan diprioritaskan untuk new normal.
Foto: www.freepik.com
Industri perfilman (ilustrasi). Industri perfilman akan jadi satu dari enam bidang usaha yang akan diprioritaskan untuk new normal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menetapkan enam bidang usaha pariwisata dan ekonomi kreatif yang diusulkan untuk mendapat prioritas dalam penerapan protokol new normal atau tatanan hidup baru di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf, Kurleni Ukar, menjelaskan, pihaknya telah menyusun draf protokol umum maupun khusus dalam tatanan hidup baru di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Baca Juga

Protokol ini merupakan pedoman pelaksanaan standar kebersihan, kesehatan, dan keselamatan untuk pelaku usaha, pekerja, dan juga tamu atau pengunjung di destinasi wisata.

"Jika protokol telah ditetapkan maka dibutuhkan beberapa tahapan sebelum usaha dapat dibuka, seperti simulasi, sosialisasi, dan uji coba penerapan protokol," kata Kurleni Ukar dalam keterangannya, diterima Republika.co.id, Rabu (3/6).