Jumat 07 Aug 2020 16:08 WIB

Saran Ketua Muhammadiyah untuk Program Subsidi Gaji Pekerja

Pemerintah harus berusaha meningkatkan daya beli masyarakat.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Saran Ketua Muhammadiyah untuk Program Subsidi Gaji Pekerja. Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Buya Anwar Abbas
Foto: Republika TV/Mauhammad Rizki Triyana
Saran Ketua Muhammadiyah untuk Program Subsidi Gaji Pekerja. Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Buya Anwar Abbas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Buya Anwar Abbas memberikan pandangan dan masukannya terhadap program subsidi gaji pekerja yang dicanangkan menteri ketenagakerjaan. Sebelumnya diberitakan program ini akan menyasar pekerja yang memiliki upah di bawah Rp 5 juta yang terdampak pandemi Covid-19.

Buya Anwar mengatakan, di tengah lesunya kehidupan ekonomi saat ini akibat pandemi Covid-19, maka pemerintah harus berusaha untuk meningkatkan daya beli atau konsumsi masyarakat. Karena dengan begitu kurva demand atau permintaan akan bergerak naik, sehingga hal itu akan diantisipasi oleh dunia usaha dengan meningkatkan produksinya.

Baca Juga

"Sehingga kurva suplai juga bergerak naik, sehingga hal demikian akan membuat kehidupan ekonomi masyarakat akan kembali menggeliat dan itulah yang kita harapkan," kata Buya Anwar kepada Republika.co.id, Jumat (7/8).

Buya Anwar menyampaikan secara pribadi sangat mendukung kebijakan pemerintah tersebut untuk membantu pekerja berpenghasilan sedikit yang terdampak pandemi ini. Tetapi yang dibantu jangan hanya mereka saja, elemen masyarakat yang lain juga harus dibantu.