Kamis 27 Aug 2020 13:18 WIB

Komisaris Uni Eropa Mundur Usai Langgar Protokol Covid-19

Phil Hogan datang ke acara makan malam yang dihadiri 80 orang

Red: Nur Aini
Komisaris Perdagangan Uni Eropa Phil Hogan mengundurkan diri
Komisaris Perdagangan Uni Eropa Phil Hogan mengundurkan diri

 

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS -- Komisaris Perdagangan Uni Eropa Phil Hogan mengundurkan diri dari jabatannya pada Rabu setelah menghadiri acara sosial yang melanggar aturan Covid-19 Irlandia untuk membendung penyebaran virus dan menyebabkan skandal politik.

Baca Juga

Hogan menghadiri acara perkumpulan golf di Irlandia bersama 80 orang lainnya seminggu yang lalu. Makan malam itu diadakan hanya 24 jam setelah pemerintah Irlandia memberlakukan larangan pertemuan dalam ruangan lebih dari enam orang.

Sebelumnya, pemerintah hanya memberlakukan larangan untuk pertemuan dengan 50 orang. Setelah dilaporkan oleh media dan mendapat protes publik, Menteri Pertanian, Pangan dan Kelautan Irlandia Dara Calleary terlebih dahulu mengundurkan diri pada Jumat.

Terlepas dari kenyataan bahwa Perdana Menteri Irlandia Micheal Martin mendesak Hogan untuk mempertimbangkan posisinya pada Sabtu dan tekanan yang meningkat dari media yang berbasis di Irlandia dan Brussel, dia menunggu hingga Rabu untuk mengundurkan diri.

"Menjadi semakin jelas bahwa kontroversi mengenai kunjungan saya baru-baru ini ke Irlandia menjadi gangguan dari pekerjaan saya sebagai Komisaris Uni Eropa dan akan merusak pekerjaan saya di bulan-bulan penting ke depan," tulis Hogan dalam sebuah pernyataan.

Dia juga menyampaikan permintaan maaf kepada warga Irlandia dan menyadari bahwa tindakannya melukai dan membuat keluarga yang menderita karena Covid-19 marah. Hogan telah menduduki jabatan publik selama hampir 40 tahun, naik dari politik lokal ke parlemen Irlandia.

Dia juga pernah menjabat sebagai menteri negara di bidang keuangan dan menteri lingkungan. Itu adalah masa jabatan kedua Hogan di Komisi Eropa. Dia memimpin urusan pertanian selama periode 2014-2019.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement