Selasa 08 Sep 2020 20:57 WIB

UIN Ar-Raniry Gelar Webinar Tren Perpustakaan di Era Digital

Webinar itu bekerja sama dengan Disputar Nagan Raya.

Red: Irwan Kelana
Gelar Webinar, UIN dan Dispustar Nagan Raya bahas tren perpustakaan di era digital, Senin (7/9).
Foto: Dok UIN Ar-Raniry
Gelar Webinar, UIN dan Dispustar Nagan Raya bahas tren perpustakaan di era digital, Senin (7/9).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH – Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Nagan Raya menyelenggarakan website seminar (webinar) bertema “Tren Perpustakaan di Era Digital” melalui Video Conference Zoom, Senin (7/9).

Webinar yang dibuka secara resmi oleh kepala bidang pembinaan dan pengembangan perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Nagan Raya, Linda Yunita SKM itu  menghadirkan narasumber  Nazaruddin Musa, M.LIS (pustakawan berprestasi tingkat nasional) dan Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry, Nurhayati Ali Hasan  M.LIS.

Dalam materinya, Nazaruddin menjelaskan bahwa di era digital kiprah pustakawan memang semakin hangat diperdebatkan di era 4.0 atau sering juga diistilahkan dengan era disrupsi.

Ia menilai, bahwa ada yang pesimis kalau kiprah pustakawan akan redup bahkan lenyap seiring meningkatnya peran teknologi. Namun ada juga yang optimis bahwa kiprah pustakawan akan lebih bersinar dan terus diperhitungkan.