Jumat 06 Nov 2020 19:25 WIB

Daop 8 Surabaya Bagikan Tiket Gratis untuk Guru dan Nakes

Voucher hanya berlaku untuk KA keberangkatan dari wilayah pengambilan voucher. 

Rep: Dadang Kurnia/Wilda Fizriyani/ Red: Agus Yulianto
Penumpang bersiap menaiki Kereta Api. Daop 8 memberikan tiket gratis kepada guru dan nakes dalam menyambut Hari Pahlawan Nasional.
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Penumpang bersiap menaiki Kereta Api. Daop 8 memberikan tiket gratis kepada guru dan nakes dalam menyambut Hari Pahlawan Nasional.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Dalam rangka menyambut Hari Pahlawan, PT KAI Daop 8 Surabaya membagikan tiket kereta api jarak jauh secara cuma-cuma kepada guru dan tenaga kesehatan. Executive Vice President PT KAI Daop 8 Surabaya Fredi Firmansyah mengatakan, pihaknya menyediakan 1.037 tiket kereta api gratis bagi guru dan tenaga kesehatan yang bisa digunakan untuk periode keberangkatan 8 November hingg 30 November 2020.

"Dalam rangka Hari Pahlawan, PT KAI Daop 8 Surabaya mengadakan Program Gratis Naik KA guna menghormati dan menghargai guru dan tenaga kesehatan yang merupakan para pahlawan tanpa tanda jasa. Sebanyak 1.037 voucher tiket telah disiapkan dan dapat diambil di Stasiun Surabaya Gubeng," kata Fredi di Surabaya, Jumat (6/11).

Menurut Fredi, guru adalah sosok utama di garda terdepan pendidikan nasional, mengingat pendidikan adalah wadah pondasi yang sangat penting pencetak generasi bangsa. Sedangkan para tenaga kesehatan merupakan para pahlawan kemanusiaan pada masa pandemi Covid-19 saat ini.

Mereka yang berada di garis terdepan tidak hanya mengorbankan waktu, pikiran, dan tenaga, tetapi juga rela mengorbankan risiko kesehatannya demi keselamatan orang lain.

Adapun yang berhak mendapatkan voucher tiket kereta api gratis tersebut adalah guru TK hingga SMA atau sederajat dan tenaga kesehatan. Syarat untuk mendapat voucher bagi guru adalah menyerahkan fotokopi identitas sebagai guru berupa kartu/ surat keterangan. Adapun untuk tenaga kesehatan, menyerahkan fotokopi Surat Izin Praktik (SIP) yang masih berlaku. 

Terdapat 9 KA kelas Eksekutif dan Ekonomi yang dapat digunakan secara gratis ke berbagai tujuan pada periode 8 November hingga 30 November 2020 dengan menukarkan voucher tersebut. Terdapat KA dari dan menuju Jakarta, Bandung, Solo, Yogyakarta, dan kota-kota lainnya.

"Voucher dapat diambil di Customer Service di Surabaya Gubeng. Pengambilan voucher tidak dapat diwakilkan. Kuota pengambilan voucher perhari terbatas untuk menciptakan physical distancing," kata dia.

Fredi melanjutkan, voucher hanya berlaku untuk KA keberangkatan dari wilayah pengambilan voucher. Misalnya pengambilan voucher di Customer Service Stasiun Surabaya Gubeng, maka voucher hanya berlaku untuk KA keberangkatan dari Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, dan Malang.

Melalui program ini, KAI hanya menggratiskan tiket KA nya saja melalui voucher yang diberikan. Adapun untuk biaya rapid test sebesar Rp 85.000 jika dilakukan di stasiun, menjadi tanggung jawab pengguna voucher.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement