Selasa 10 Nov 2020 23:20 WIB

PT Indra Karya Raih Penghargaan Creative Digital Media

BUMN perlu melakukan  inovasi dan redesain strategi bisnis.

Red: Irwan Kelana
PT Indra Karya (Persero) meraih penghargaan Creative Digital Media di ajang BUMN Branding & Marketing Award 2020.
Foto: Dok Indra Karya
PT Indra Karya (Persero) meraih penghargaan Creative Digital Media di ajang BUMN Branding & Marketing Award 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Indra Karya (Persero) meraih penghargaan di ajang BUMN Branding & Marketing Award 2020 pada kategori Creative Branding.  Penghargaan itu diberikan secara langsung oleh Non Executive Chairman Dentsu Aegis Network Indonesia Harris Thajeb kepada Direktur Utama PT Indra Karya (Persero) Ir  Milfan Rantawi  MM di Ballroom Hotel The Ritz – Carlton Mega Kuningan,  Jakarta, akhir pekan lalu, dengan mengimplementasikan standar protokol Covid-19.

Penganugerahan BUMN Branding & Marketing Award 2020 ini merupakan penganugerahan tahun ke-8 diselenggarakan oleh BUMN Track yang didukung oleh Arrbey Consulting. Pemberian award itu bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan berkinerja unggul yang memiliki inovasi di bidang branding dan marketing.

Siaran pers PT Indra Karya (Persero) yang diterima Republika.co.id, Selasa (10/11) menyebutkan, sebanyak 114 perusahaan BUMN dan anak perusahaan BUMN turut berkompetisi pada ajang 8th BUMN Branding and Marketing Award 2020 yang dibagi kedalam dua tahapan. Tahapan pertama merupakan tahapan administratif berupa kuesioner mencakup capaian prestasi atas inovasi yang dimiliki, peserta yang berhasil lolos tahapan pertama kemudian melaju ke tahap seleksi kedua berupa presentasi dan wawancara pendalaman di hadapan dewan juri dengan total 59 perusahaan.

Dalam sambutannya, CEO BUMN Track SH Sutarto menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 telah meluluhlantakkan sebagian besar perekonomian dunia memunculkan kesadaran bersama akan pentingnya BUMN melakukan inovasi dan redesain strategi bisnis.

“Omni Channel pada Branding dan Marketing tidak hanya sekedar memanfaatkan online dan offline channel untuk berkomunikasi dan bertransaksi, tetapi juga untuk memenuhi keinginan pelanggan dan memenangkan persaingan, sekaligus menjadi alat ukur keberhasilan bisnis itu sendiri,” jelas Sutarto.

Ketua Dewan Juri BUMN Branding and Marketing Award 2020 yang merupakan menteri BUMN 2004-2007, Dr Sugiharto menjelaskan bahwa tema “Optimizing Omni Channel” pada tahun ini relevan dengan perkembangan yang sedang terjadi. “Omni Channel memiliki hubungan linier atau relevan antara pencapaian branding dan marketing masing-masing BUMN terhadap revenue, tingkat kesehatan perusahaan serta terhadap keuntungan perusahaan,” jelas Sugiharto.

Pada kesempatan yang sama, Direktur utama Indra Karya menyampaikan bahwa apresiasi ini merupakan hasil dari kreativitas inovasi branding perusahaan yang terus dilakukan oleh insan Indra Karya dalam merespons kebutuhan stakeholders di tengah wabah pandemi Covid-19.

“Di tengah situasi pandemi Covid-19 yang melanda dunia saat ini, perubahan pola bisnis tentu terjadi.  Namun hal tersebut merupakan sebuah tantangan bagi kami untuk tetap memberikan pelayanan yang prima di setiap layanan bidang usaha dengan disertai pemenuhan aspek kesehatan di seluruh perimeter unit kerja hingga seluruh proyek untuk memastikan seluruh layanan tetap produktif. Hal itu terutama untuk memastikan pekerjaan proyek-proyek strategis nasional tetap berjalan lancar dan tidak terkendal,” kata Milfan.

“Perubahan pengelolaan kampanye promo perusahaan juga dilakukan dengan meningkatkan kreativitas pengemasan model pola branding yang berbeda terutama melalui optimalisasi pemanfaatan platform media digital sebagai kanal yang menguatkan citra positif Perusahaan,” ujar Milfan menambahkan.

Melalui ajang BUMN Branding & Marketing Award 2020 ini, menjadi ajang bagi Indra Karya untuk terus berkarya dan memberikan kontribusi terbaiknya sesuai dengan kapasitas dan kapabilitas yang dimiliki tidak hanya untuk skala nasional namun juga secara global ke  depannya.

“Penghargaan Creative Branding bagi Indra Karya di ajang BUMN Branding & Marketing Award 2020 ini tentunya menjadi motivasi bagi kami ke  depannya agar Indra Karya senantiasa dapat memberikan pelayanan prima kepada pelanggan dengan inovasi-inovasi jasa yang terus dikembangkan untuk memperkuat lini bisnis yang dimiliki. Contohnya  inovasi smart water untuk memperkuat lini bisnis developer yang kami miliki. Sedangkan untuk engineering, inovasi dan penguatan lini bisnis dilakukan selain untuk memperkuat pasar nasional,  juga sudah mulai menyasar ke pasar global terutama di Asia-Afrika,” jelas Milfan.

Ia menambahkan, sebagai perusahaan BUMN yang bergerak di bidang engineering, developer & industry, Indra Karya senantiasa terus menghadirkan kreativitas inovasi dalam merespons peluang di tengah pandemi seperti ini.

“Kreativitas inovasi yang dilakukan oleh Indra Karya sebagai perusahaan BUMN yang memiliki pengalaman lebih dari 59 tahun di bidang sumber daya air (SDA) dan energi baru terbarukan ini yakni menghadirkan program layanan di bidang developer. Salah satunya adalah program 3 in 1 atau 3 produk untuk 1 desa yakni Sanitasi sehat, Kelola sampah terpadu, dan Air Bersih ‘Smart Water’ yaitu penyediaan sarana prasarana air bersih menggunakan teknologi smart water yang diintegrasikan dengan smart card yang di kombinasikan dengan perangkat BWRO ataupun SWRO dengan output air bersih yang telah terfilterisasi,” tutur Milfan Rantawi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement