Sabtu 14 Nov 2020 20:31 WIB

Kroos Beberkan Perbedaan Sikap Fan di Jerman dan Madrid

Kroos bahkan bisa membandingkan respon penggemar padanya.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Muhammad Akbar
Toni Kroos
Foto: EPA-EFE/SASCHA STEINBACH
Toni Kroos

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Sebelum berdarah-darah bersama Real Madrid, Toni Kroos adalah jugador Bayern Muenchen. Pada 2007 hingga 2010 andalan tim nasional Jerman itu menjadi senjata Die Bayern.

Total ia berkostum FC Hollywood dalam 205 laga di berbagai ajang dan mencetak 25 gol. Kroos meraih segalanya sewaktu bermarkas di Allianz Arena.

Barulah sejak 2014 hingga saat ini, sang gelandang berlabuh di Madrid. Otomatis ia memiliki segudang pengalaman.

Kroos bahkan bisa membandingkan respon penggemar padanya. Saat pertama kali berada di Los Blancos, ia merasa dicintai. Ia bahagia. Kroos merasa sesuatu yang tak biasa.

"Di Jerman, anda harus bermain bagus terlebih dahulu, sebelum mereka senang dengan anda. Tapi di Real Madrid, saya merasa penggemar menyenangi saya, terlepas saya bermain bagus atau tidak," kata pesepakbola 30 tahun ini, dikutip dari Marca, Sabtu (14/11).

Menurut Kroos, situasi tersebut membuatnya merasa nyaman. Ia mendapatkan kepercayaan diri.

Sebelum menerima pinangan Madrid, ayah tiga anak itu sempat berbicara dengan beberapa pesepakbola Jerman. Pesepakbola Jerman yang pernah berkostum si putih tentunya.

Di eranya, ada Sami Khedira. Kemudian legenda Jerman, Gunter Netzer.

"Dia katakan pada saya. Itu tempat yang bagus. Tidak hanya untuk bermain sepakbola, tapi juga untuk menjalani kehidupan lainnya," tutur  Kroos, menirukan ucapan Netzer padanya.

Kini juara dunia 2014 itu sudah memasuki musim ketujuh di Real Madrid. Sejauh itu, ia tampil dalam 287 laga di berbagai ajang, dan mencetak 19 gol.

Saat masih berpetualang di Bundesliga, Kroos tak hanya memperkuat Muenchen. Pada sebagian musim 2008/09, serta sepanjang musim 2009/10, ia dipinjamkan ke Bayer Leverkusen.

Klasemen La Liga Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin

Umroh plus wisata ke mana nih, yang masuk travel list Sobat Republika di Tahun 2024?

  • Turki
  • Al-Aqsa
  • Dubai
  • Mesir
  • Maroko
  • Andalusia
  • Yordania
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَيَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ الْمَحِيْضِ ۗ قُلْ هُوَ اَذًىۙ فَاعْتَزِلُوا النِّسَاۤءَ فِى الْمَحِيْضِۙ وَلَا تَقْرَبُوْهُنَّ حَتّٰى يَطْهُرْنَ ۚ فَاِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوْهُنَّ مِنْ حَيْثُ اَمَرَكُمُ اللّٰهُ ۗ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ التَّوَّابِيْنَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِيْنَ
Dan mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang haid. Katakanlah, “Itu adalah sesuatu yang kotor.” Karena itu jauhilah istri pada waktu haid; dan jangan kamu dekati mereka sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, campurilah mereka sesuai dengan (ketentuan) yang diperintahkan Allah kepadamu. Sungguh, Allah menyukai orang yang tobat dan menyukai orang yang menyucikan diri.

(QS. Al-Baqarah ayat 222)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement