Rabu 16 Dec 2020 18:36 WIB

Misi Jepang Berhasil Kumpulkan 1 Gram Sampel Asteroid Ryugu

Sampel asteroid Ryugu dikumpulkan dalam misi Hayabusa2.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Jepang membuka kapsul yang berisi sampel dari asteroid Ryugu.
Foto: jaxa
Jepang membuka kapsul yang berisi sampel dari asteroid Ryugu.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Misi Hayabusa2 dari Jepang berhasil mengumpulkan sampel dari asteroid Ryugu dan mengembalikannya ke Bumi. Hayabusa2 juga membawa sampel gas pertama dari luar angkasa.

Menurut Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA), sampel dijatuhkan di Bumi dengan kapsul pada 6 Desember di Australia Selatan. Tim dari JAXA berhasil mengambil kapsul tempat mendarat dan melakukan beberapa tes pendahuluan gas di dalam kapsul sebelum dikirim ke Jepang.

Baca Juga

Dilansir di CNN, Rabu (16/12), gas tersebut merupakan langkah pertama dalam membantu para peneliti untuk memastikan bahwa pesawat ruang angkasa berhasil mengumpulkan sampel dari Ryugu pada tahun 2019 ketika pesawat ruang angkasa tersebut mengunjungi asteroid.

Para peneliti memastikan bahwa gas tersebut berasal dari Ryugu. Analisis mereka menunjukkan bahwa gas tersebut berbeda dengan komposisi atmosfer di Bumi. Dua analisis terpisah, satu di Australia pada 7 Desember dan lainnya antara 10 hingga 11 Desember di Pusat Kurasi Sampel Ekstraterestrial di Kampus JAXA Sagamihara, membantu tim mencapai hasil yang sama.