REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Airport Health Center di Bandara Soekarno-Hatta sejak Senin (21/12) sudah membuka layanan prapesan atau pre order (PO) service untuk tes Covid-19 untuk PCR test, rapid test antigen, dan rapid test antibodi. Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan layanan PO tersebut dapat diakses melalui travelation.angkasapura2.co.id.
“Setelah layanan dibuka satu jam, jumlah penumpang yang telah melakukan registrasi sudah terdapat 106 orang yang melakukan prapesan,” kata Awaluddin dalam pernyataan tertulisnya, Senin (21/12).
Calon penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta hanya perlu melakukan registrasi di aplikasi travelation. Selanjutnya dapat memilih fitur Airport Health Center dan mengikuti langkah selanjutnya. “Melalui prapesan ini calon penumpang pesawat dapat memilih waktu yang baik untuk melakukan tes Covid-19 dengan tentunya mempertimbangkan jadwal keberangkatan,” jelas Awaluddin.
Dia menambahkan, fasilitas tes Covid-19 bagi calon penumpang pesawat yang telah melakukan PO berlokasi di area lounge umroh Terminal 3. Lokasi tersebut berbeda dengan lokasi walk in service di SMMILE Center Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta.
“Perbedaan lokasi ini dilakukan untuk memecah penumpukan calon penumpang yg akan berangkat sehingga lokasi layanan tes Covid-19, tidak hanya dilakukan di satu titik saja,” ungkap Awaluddin.
Saat ini, Awaluddin memastikan AP II menambah fasilitas test Covid-19 menjadi enam lokasi. Semua lokasi tersebut berada di Airport Health Center di Terminal 2, Terminal 3 (SMILLE Center), dan area lounge umroh Terminal 3. Selain itu, lokasi tes juga berada di drive thru lapangan parkir Terminal 3, Terminal 2, dan Terminal 1.
Awaluddin menegaskan, fasilitas tes Covid-19 di Airport Health Center Bandara Soekarno-Hatta bekerja sama dengan Indofarma dan Kimia Farma. “Ini merupakan upaya dalam mendukung penumpang pesawat memenuhi protokol kesehatan,” ungkap Awaluddin.