Senin 11 Jan 2021 21:00 WIB

Alasan Alquran Turun di Makkah dan Disyiarkan Nabi Muhammad

Nabi Muhammad menyiarkan Alquran yang turun di Makkah.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Alasan Alquran Turun di Makkah dan Disyiarkan Nabi Muhammad. Foto: Ilustrasi Nuzulul Quran
Foto: Foto : MgRol_93
Alasan Alquran Turun di Makkah dan Disyiarkan Nabi Muhammad. Foto: Ilustrasi Nuzulul Quran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ajaran tauhid yang diperkelankan oleh Nabi Ibrahim dan keturunannya sampai Nabi Muhammad sejatinya adalah pesan Langit yang suci. Ajaran ini diketahui muncul di Timur Tengah, lantas mengapa Allah memilih tempat ini?

Jika seseorang ingin menyampaikan pesan ke seluruh penjuru, maka sebaiknya yang bersangkutan dapat berdiri di tengah jalur yang memudahkan tersebarnya pesan itu. Dan yang paling penting, penyampai pesan haruslah ia yang paling simpatik, berwibawa, dan bekemampuan sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

Baca Juga

Pakar Ilmu Tafsir Prof Quraish Shihab dalam buku Mukjizat Alquran menjelaskan, Timur Tengah adalah jalur penghubung wilayah timur dengan barat. Maka wajarlah jika kawasan ini menjadi tempat menyampaikan pesan Illahi yang terakhir dan yang ditujukan kepada seluruh manusia di bumi.

Ajaran tauhid yang kemudian dikekalkan dalam Alquran merupakan ajaran yang diamanahkan kepada Nabi untuk disebarluaskan. Pada masa penyebaran Alquran, ada dua imperium digdaya di abas ke-5 dan ke-6 Masehi. Yang pertama adalah Kekaisaran Persia yang masyarakatnya menyembah api dan masih berbekas ajaran Madzak tentang kebebasan seks. Sehingga permaisuri pun harus menjadi milik bersama.