Kamis 04 Feb 2021 16:28 WIB

Tips Membersihkan Kulkas dengan Aman dan Mudah

Produk-produk tertentu tidak boleh digunakan saat melakukan pembersihan lemari es

Rep: Puti Almas/ Red: Gita Amanda
Kulkas menjadi salah satu area terpenting yang perlu Anda bersihkan. (ilustrasi).
Foto: Wallpaper Flare
Kulkas menjadi salah satu area terpenting yang perlu Anda bersihkan. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Kulkas menjadi salah satu area terpenting yang perlu Anda bersihkan. Berfungsi sebagai tempat menyimpan makanan, baik mentah maupun matang, hingga minuman dan bambu, kebersihan alat elektronik ini harus diperhatikan untuk mengurangi risiko, salah satunya adalah keracunan makanan.

Namun, membersihkan lemari es tidak semudah membersihkan area lain di dapur. Hal itu karena produk-produk tertentu tidak boleh digunakan saat melakukan pembersihan ini.

Baca Juga

Dilansir Cleaninpedia, terdapat beberapa teknik sederhana yang dapat membantu Anda dengan mudah membersihkan kulkas. Perlu diingat, jadwalkan kegiatan ini secara teratur dan periksa lemari es setiap hari untuk mencegah kotoran menumpuk.

Beberapa produk pembersih, seperti tisu lembut dan minyak jeruk alami dapat digunakan untuk lemari es. Namun, ingat bahwa produk pembersih lain di dapur mungkin harus dihindari karena mengandung terlalu banyak bahan kimia.

Disinfektan seperti pemutih adalah salah satu yang tidak boleh digunakan di dalam lemari es. Seperti halnya produk pembersih dapur lainnya, disinfektan yang bersentuhan dengan makanan dapat membuat kandungan bahaya karena bahan kimia yang kuat.

Produk alami yang bisa dicoba untuk membersihkan kulkas selain minyak jeruk adalah soda kue. Ini dapat menghilangkan noda dan menyerap bau tidak sedap. Selain itu, ada cuka Putih yang bagus untuk membersihkan elemen baja tahan karat, termasuk pintu lemani es.

Ingatkan untuk mencoba area kecil terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada efek samping dari produk yang Anda gunakan pada kulkas. Sebagai contoh, produk yang digunakan justru tidak dapat membersihkan noda atau menimbulkan aroma yang tak nyaman.

Setelah menyiapkan produk pembersih untuk kulkas, singkirkan semua makanan di dalam kulkas. Dengan kondisi lemari es yang kosong, proses pembersihan menjadi lebih mudah dan menghilangkan potensi kontaminasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement